3 Hal yang Wajib Diperhatikan Ibu Hamil Vegetarian

Halo Teman Sehat! Ketika hamil, seorang ibu harus memenuhi kebutuhan gizinya yang lebih banyak dari biasanya. Energi yang didapatkan ibu dari asupan ini akan berguna untuk kesehatan perkembangan dan pertumbuhan janin bayi di dalam rahim ibu. Lalu bagaimana dengan ibu hamil vegetarian?

Dengan konsumsi makanan yang harus lebih banyak, mungkinkah bagi ibu dengan vegetarian dapat mencukupi kebutuhan dirinya dan janin yang dikandungnya?

Kekhawatiran tidak dapat mencukupi kebutuhan zat gizi pada ibu vegetarian ini disebabkan karena  asupan pangan hewani ibu dengan vegetarian rendah sehingga akan sulit untuk mencukupi kebutuhan protein vitamin B12, zat besi, zink, dan kalsium yang penting banget buat perkembangan janin.

ibu hamil vegetarian

Tapi, Teman Sehat ngga perlu khawatir karena kalau kamu vegetarian dan hamil nantinya, kamu ga perlu takut kekurangan zat gizi.

The American Dietetic Association dan Dietitians of Canada menyebutkan bahwa pola makan seorang denga vegetarian tetap cocok sekalipun ibu dalam keadaan hamil.

Tapi walaupun begitu, beberapa zat gizi yang bersumber lebih banyak dari pangan hewani, harus dapat disiasati nih Teman Sehat. Nih 3 tipsnya, cek yuk!

  1. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12, ibu hamil yang vegetarian dapat memilih jenis olahan kedelai
  2. Untuk memenuhi kelengkapan asam amino esensial ibu dapat memilih kombinasi biji-bijian dan  kacang – kacangan
  3. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi, zink, dan kalsium, ibu hamil dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan dan mendapatakan suplemen untuk memenuhi kebutuhan zat gizi mikro itu

Selain itu, ibu hamil vegetarian umumnya memliki tubuh yang lebih langsing daripada yang nonvegetarian,  Hal ini disebabkan oleh ibu terbiasa mengonsumsi makanan dengan serat tinggi dengan densitas energi yang rendah padahal ibu hamil harus mencapai 8 – 13 kg kenaikan BB untuk mendapatkan berat badan lahir bayi yang normal.

kacang-kacangan

Tapi, Teman Sehat ngga perlu khawatir! Dalam sebuah penelitian, umumnya ibu hamil vegetarian walau membatasi konsumsi protein hewani, dengan kesadaran gizi seimbang yang baik, ibu tetap dapat memeneuhi kebutuhan zat gizi saat hamil dengan pemilihan jenis dan jumlah makanan yang disesuaikan dengan pola vegetarian.

Ibu hamil dengan vegetarian akan mungkin dapat memenuhi kebutuhan energinya selama kehamilan, dengan tetap menerapkan pola hidup sehat dan gizi seimbang tentunya Teman Sehat. Bagaimana pendapatmu? (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *