4 Hal Ini Bisa Bantu Kamu Hentikan Bullying!

Halo Teman Sehat! Walau terlihat sederhana, ternyata bullying berbahaya banget loh buat kesehatan mental. Yap, mulai dari minder sampai depresi mungkin bisa dialami mereka yang jadi korban bullying, Teman Sehat! Kalau ngga ditangani dengan baik, bisa jadi bullying ini bisa jadi perilaku yang justu merusak mental generasi bangsa, teman Sehat! Buat kamu yang ngga mau biarkan hal ini terjadi, yuk simak 4 hal ini yang bisa menghindari terjadinya bullying!

1. Hormati dan hargai orang lain  

Hargai orang lain seperti kamu ingin dihargai oleh orang lain

Walau pepatah ini terdengar basi dan udah sering didengar, tapi pepatah ini bisa jadi hal yang bisa berdampak baik, loh Teman Sehat! Mulailah menghormati dan menghargai orang lain dengan baik. Memperlakukan orang lain dengan santun dan tak mengucilkan mereka dengan ras, golongan, agama, sosial, dan ekonomi. Berhati hatilah dalam bertingkah laku dan berucap, bisa aja hal-hal itu menyakiti orang lain yang jadi awal mula alasan Teman Sehat di-bully.

2. Melawan dengan baik namun tegas

Teman Sehat, kalau kamu merasa bahwa kamulah yang jadi korbannya, cobalah mulai bersikap tegas namun baik buat menghentikannya. Tapi, kalau hal itu ngga cukup atau ngga aman, kamu bisa menghindari mereka yang mem-bully kamu, Teman Sehat!

3. Ceritakan kepada keluarga atau pihak terdekat

Teman Sehat, kalau kamu merasa kalau kamu ngga mampu buat menyelesaikan masalah itu sendirian, sebaiknya ceritalah pada orang terdekat kamu terutama keluarga.  Selain bisa membantu memberikan keamanan dan ketenangan, hal ini juga bisa membantu Teman Sehat buat terhindar dari dampak buruk yang biasanya akan muncul loh.

4. Menghentikan lingkaran bullying

Ternyata, bullying sering terjadi karena perasaan dendam pernah dibully  melampiaskannya kepada orang lain di waktu yang berbeda. Mencoba memutus rantai bullying  dengan memaafkan semua tindakan bullying  yang pernah Teman Sehat alami diharapkan bisa bantu mencegah tejadinya bullying di kemudian hari.

Yuk, cegah dan stop bullying dimulai dari diri sendiri dan lingkungan terdekatmu, Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Kurnia Dwi Juliani, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *