Yuk, Cari Tau Tips Cegah Malnutrisi pada Penderita Demensia!

Teman Sehat, tubuh mengalami proses penuaan seiring bertambah umur, salah satunya pada bagian otak. Kemampuan otak mengalami penurunan kognitif seperti penurunan daya ingat dan berkurangnya kemampuan untuk mengambil keputusan. Tentunya ini bisa saja menganggu kesehatan seseorang jika dibiarkan. Yuk, simak tips untuk mencegah hal tersebut!

Demensia

cara atasi malnutrisi pada pasien demensia
Foto: Pixabya.com

Demensia merupakan kumpulan gejala yang terjadi karena gangguan fungsi kognitif yang mengakibatkan terganggunya kemampuan seseorang dalam bermasyarakat. Gejalanya antara lain adanya gangguan dalam daya ingat (memori), gangguan dalam hal perhatian (atensi) dan penurunan kemampuan dalam mengambil keputusan dan memecahkan masalah. Gejala yang terjadi bisa saja disertai dengan rasa cemas, gangguan emosi, agresivitas dan depresi.

Seseorang yang berusia lanjut (lansia) merupakan faktor risiko utama mengalami demensia. Usia 60 tahun memiliki risiko 5% menderita demensia dan akan meningkat 20% saat seseorang mencapai umur diatas 80 tahun.

Berbagai tipe demensia antara lain yaitu

  • Demensia tipe primer yang bisa disebut juga demensia Alzheimer. Penderita tipe ini bisa mencapai 60% kejadiannya.
  • Demensia vaskular. Demensia tipe ini terjadi karena adanya kerusakan pembuluh darah pada otak.
  • Demensia tipe campuran yang merupakan gabungan demensia Alzheimer dan demensia vaskular.

Malnutrisi pada Penderita Demensia

malnutrisi pada penderita demensia
Foto: Pixabay.com

Seseorang yang mengalami demensia rentan atau memiliki resiko tinggi mengalami malnutrisi dan dehidrasi. Faktor sosial juga mempengaruhi malnutrisi seperti hidup sendirian, adanya masalah keuangan.

Selain itu, perubahan pola makan yang ngga teratur dan riwayat alergi juga bisa mempengaruhi kekurangan gizi pada penderita demensia. Perubahan ini bisa saja terjadi karena terganggunya dalam menyiapkan makanan dan bisa saja lupa apakah sudah makan atau belum. Tentunya ini menyebabkan berkurangnya variasi makanan sehingga asupan gizi menjadi ngga seimbang. Penderita demensia juga bisa saja mengalami nafsu makan yang meningkat, makan terlalu cepat dan sering kali meminta makanan.

Tips Cegah Malnutrisi Penderita Demensia

tips mencegah malnutrisi pada pasien demensia
Foto: Pixabay.com

Penderita demensia jika penyakitnya sudah semakin berat dan parah maka akan mengalami kesulitan makan dan minum, kemampuan untuk mandiri, penurunan rasa haus dan kemampuan untuk mengunyah. Jika dibiarkan tentunya akan berbahaya dan berakibat fatal.

Nah, berikut ini tips saat makan dan minum untuk mencegah malnutrisi pada penderita demensia :

  1. Seorang penderita demensia bisa saja mengalami gelisah atau rasa cemas yang tinggi, kamu nggaboleh memaksa atau menyuruhnya untuk makan. Kamu perlu menunggu hingga keadaan tenang sebelum menawarkan makanan dan minuman.
  2. Kamu perlu memastikan penderita demensia duduk nyaman dan tegak saat makan. Jika memang perlu berbaring di tempat tidur, atur posisi yang baik sebelum meberikan makanan dan minuman seperti mendudukkannya antara posisi 30 sampai 45 derajat. Ini bertujuan agar menghindari dari tersedak.
  3. Penderita demensia yang mengalami kesulitaan menelan, sebaiknya berikan makanan dengan konsistensi yang bisa diterima oleh penderita. Seperti makanan lunak atau makanan cair.
  4. Saat menemaninya makan, kamu bisa menceritakan tentang makanan yang sedang dimakan. Ini bertujuan untuk mengingatkan mereka pada selera dan rasa makanan.
  5. Berhati-hatilah saat menawari makanan dan minuman yang panas, karena sebagian dari mereka bisa saja kehilangan kemampuan untuk menilai suhu makanan atau minuman.

Nah, Teman Sehat itulah tips yang bisa kamu lakukan jika ada sekitarmu yang mengalami penyakit demensia. Kamu perlu sabar dan ikhlas ya, dalam menghadapinya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjantti STP

Referensi

Pakar Gizi Indonesia. 2019. Asuhan Gizi Klinik. Jakarta : Penerbit EGC
https://egcmedbooks.com/buku/detail/2376/asuhan-gizi-klinik

Harda dkk. 2020. Hubungan Asupan Zat Gizi Mikro dan Aktivitas Fisik Dengan Fungsi Kognitif Lansia Di Puskesmas Kebon Jeruk Jakarta Barat. MGMI : Vol. 11, No. 2, Juni 2020: 117-126
https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/mgmi/article/view/2501

Kurniawati dan Imran . 2013. Malnutrisi pada Demensia. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala :  Volume 13 Nomor 2.
http://jurnal.unsyiah.ac.id/JKS/article/view/3412

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.