Manfaat Tersembunyi dari Meronanya Buah Bit!

Halo Teman Sehat! Kamu tau kan kalau penyakit yang ngga menular seperti penyakit jantung dan diabetes masih jadi penyebab kematian terbesar di dunia? Yap, kejadian ini justru berkembang seiring berkembangnya zaman.

Data World Health Organization pada tahun 2011 menyatakan bahwa sebagian besar wilayah di dunia memiliki prevalensi kolesterol tinggi sebesar lebih dari 30%, termasuk Indonesia. Salah satu strategi pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan rajin makan buah seperti buah yang cantik merona ini. Bit, namanya.

Apa aja sih manfaat buah bit?

Ternyata, Si Merah “Jus Buah Bit” bagus banget buat kamu atau keluarga kamu yang punya kadar kolesterol tinggi, Teman Sehat! Studi terbaru yang dipublikasi pada akhir tahun 2015 membuktikan bahwa konsumsi 250 mL jus buah bit selama enam minggu pada 33 pasien hiperkolesterolemia, bisa bantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah, Teman Sehat!

Kolesterol jahat berupa LDL memang gampang banget terakumulasi dan menimbulkan penyempitan di pembuluh darah. Selain itu, buah bit juga bisa bantu menurunkan tekanan darah, mencegah inflamasi (peradangan), serta menurunkan risiko penghambatan aliran darah loh.

Sebenernya, apa sih yang jadi alasan buah bit baik buat kamu?

Ternyata, manfaat buah bit berasal dari senyawa nitrat yang banyak terkandung di dalamnya. Sebuah studi pada tahun 2012 menyatakan kalau dalam 1 kilogram buah bit bisa mengandung sekitar 1459 miligram senyawa nitrat yang bisa bantu kamu cegah penyumbatan pembuluh darah, Teman Sehat!

Tingginya senyawa nitrat  mampu merelaksasikan otot polos pembuluh darah sehingga menjadikan pembuluh darah semakin lebih lebar dan mempermudah jalannya darah sebagai pemasok utama oksigen bagi sel tubuh. Pelebaran diameter pembuluh darah yang signifikan inilah yang kemudian bisa menurunkan tekanan darah.

Nah, itulah tadi sekilas tentang buah bit, Teman Sehat. Selain cantik merona, ternyata banyak juga ya manfaatnya! Yuk, mulai sekarang rajin makan buah, Teman Sehat!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.