4 Pemanis Alami Selain Gula dengan Berbagai Manfaatnya

Halo Teman Sehat! Pedoman gizi seimbang merupakan aturan pola makan yang dianjurkan bagi orang Indonesia. Dalam aturan itu, salah satunya terdapat aturan GGL 415. Kamu pernah dengar?

GGL 145 artinya kita dianjurkan mengonsumi gula maksimal 4 sendok makan, garam 1 sendok teh, dan lemak 5 sendok makan per hari. Maksimal ya, Teman Sehat. Anjuran ini muncul bukan tanpa alasan loh. Konsumsi GGL yang berlebih ternyata memberikan efek jangka panjang terhadap tubuh berupa munculnya penyakit seperti hipertensi, diabetes, maupun penyakit jantung.

pemanis alami selain gula

Gula merupakan zat tambahan makanan yang memberikan cita rasa manis. Kita hampir selalu mengkonsumsi gula dalam kehidupan sehari, baik dalam makanan, kue, maupun gula langsung yang ditambahkan ke teh atau kopi.

Nah, sebenernya, ada alternatif lain yang bisa kamu gunakan selain gula buat memberikan rasa manis dengan tambahan manfaat lainnya. Ada apa aja? Check it out!

1. Madu

Telah sejak lama produk yang dihasilkan secara alami oleh lebah ini diketahui memberikan manfaat bagi tubuh. Dibandingkan 1 sendok makan gula yang hanya mengandung 16 Kalori, 1 sendok madu ternyata mampu memberikan manfaat lebih dari sekedar kalori. Madu mengandung oligosakarida yang bisa berperan sebagai antibiotik yang bisa jadi cara buat menghindari peradangan alias inflamasi. Coba ganti gula pada segelas teh Teman Sehat dengan madu dan rasakan bedanya!

2. Gula kurma

Buah asli Timur Tengah ini punya rasa yang manis dan lezat. Selain bisa dimakan langsung, sekarang kurma telah banyak dikembangkan menjadi produk lain seperti gula kurma. Satu sendok makan gula kurma (±6 gram) mengandung hanya sekitar 10 Kalori. Kelebihannya, gula kurma ini mengandung antioksidan serta potasium dan magnesium sehingga bisa membantu jaga kesehatan tubuh.

3. Gula kelapa

Gula kelapa adalah gula yang terbuat dari nira kelapa. Dalam 1 sendok makanannya mengandung 15 Kalori. Gula kelapa punya indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan gula pasir karena serat inulin yang bisa memperlambat penyerapan glukosa. Selain itu, gula kelapa kaya zat besi, seng, kalsium, kalium, serta antioksidan yang juga bermanfaat bagi kesehatan.

4. Jeruk

Yap! Buah yang satu ini bisa dijadikan pengganti rasa manis pada secangkir teh Teman Sehat. Jeruk tergolong bahan makanan dengan indeks glikemik yang rendah (skor 40) selain itu, jeruk juga kaya akan vitamin C, serat, dan antioksidan sehingga memberikan manfaat yang lebih pada tubuh.

Pemanis alami selain gula di atas bisa banget Teman Sehat coba. Tapi, tetap ingat aturan GGL 415 ya! Batasi asupan gula untuk hidup yang lebih sehat! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *