4 Tips Melarutkan Pestisida pada Sayur dan Buah!

Halo, Teman Sehat! Tahukah kamu, hampir ngga ada sayuran maupun buah-buahan yang 100% terbebas dari pestisida? Ngga hanya pada tanaman biasa, penanaman secara organik pun ternyata bisa mengandung pestisida, loh walaupun kecil. Dalam jangka panjang, salah satu risiko yang ditimbulkan yaitu gangguan reproduksi dan kanker. Nah, kira-kira gimana ya, cara mengurangi residunya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

1. Kupas bagian luarnya

Cara pertama yaitu mengupas atau membuang bagian terluar dari sayur maupun buah-buahan. Kamu juga bisa memilah bagian yang kotor atau ngga layak dikonsumsi, agar dipisahkan dan dibuang. Jangan lupa langsung cuci bersih tangan kamu atau gunakan sarung tangan untuk meminimalkan paparan pestisida langsung ke kulit.

2. Rendam dengan air panas

Merendam maupun merebus sejenak sayur dan buah yang akan dikonsumsi, bisa membantu menghilangkan pestisida, loh! Jangan lupa perhatikan jenis sayur dan buahnya ya, untuk memastikan vitamin dan zat gizinya ngga berkurang selama proses pengolahan.

3. Cucilah dengan sabun foodgrade

Jika dimungkinkan, kamu bisa mencuci sayur maupun buah yang akan dikonsumsi dengan air yang ditambahkan sabun aman untuk bahan pangan (foodgrade). Rendamlah beberapa saat, kemudian bilaslah dengan air bersih mengalir agar ngga ada sisa sabun.

4. Gunakan bahan alami

Kamu bisa memanfaatkan larutan air dan cuka dengan cara merendam sayur maupun buah selama 10-20 menit. Cara ini terbukti efektif menghilangkan lapisan lilin, bakteri dan residu pestisida dalam buah-buahan atau sayuran. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan air garam atau baking soda dengan durasi yang sama. Jika menggunakan garam, rendamlah 30-60 menit serta campuran air lemon dan baking soda selama 5-10 menit.

Teman Sehat, cara di atas bisa kamu sesuaikan dengan jenis buah dan sayurannya, ya! Contihnya hindari mencuci buah stroberi dengan larutan cuka yang mungkin akan mengganggu aroma dan rasanya.

Nah, cukup mudah, bukan? Teman Sehat bisa mempraktekkannya di rumah saat menyiapkan makanan, agar bisa terus mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan  menerapkan gaya hidup sehat bebas paparan pestisida. Choose well, eat well, live well, and stay healthy, Teman Sehat! Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *