Ternyata Stres saat Pandemi bisa Memicu Ngemil Berlebih Loh!

Teman Sehat, sudah berapa lama bekerja di rumah? Semoga kamu ngga bosan ya, berkegiatan di rumah. Semua ini perlu dilakukan dengan disiplin, demi kebaikan bersama, agar pandemi COVID-19 ini cepat selesai. Tapi, jika kamu terlanjur bosan sehingga mengakibatkan mudah stres dan mengalihkannya untuk banyak ngemil. Tahukah kamu, ternyata itu ngga baik, buat tubuh?

Nah, kamu bisa mecoba beberapa tips di bawah ini untuk menjaga berat badan tanpa stres. Penasaran? Let’s check it out!

1. Tanyakan kembali perasaanmu

Yap, meluangkan waktu untuk menanyakan dan merenungkan kembali perasaan mu, sangat penting, loh! Melakukan hal ini, bisa membantu kamu menemukan alasan yang tepat buat ngemil saat stres melanda. Apakah penyebabnya hanya pelampiasan saja atau memang benar-benar lapar. Yuk, belajar berdamai dan berdiskusi dengan dirimu!

2. Kenali pemicunya

Salah satu pemicu ngemil bahkan berlebihan adalah stres yyang diawali dengan emosi yang muncul di dalam diri. Kamu pasti lebih tahu, kapan emosi itu muncul karena pelampiasan sementara, sehingga ingin terus-menerus makan atau benar-benar ingin makan karena lapar. Contohnya seperti saat kamu memikirkan betapa sulitnya bekerja di rumah atau ketika merenungkan situasi keuangan di saat ngga stabilnya perekonomian ketika pandemi berlangsung.

3. Buat daftar makananmu

Jika kamu menyukai makanan tertentu, buatlah daftar makanan yang disukai dan  tentukan waktunya. Misalnya, jika sedang marah kamu lebih tenang untuk mengonsumsi cokelat, maka stoklah satu atau dua cokelat dan tentukan waktunya. Buatlah makanan tersebut sebagai makanan yang perlu kamu makan saat emosi terjadi. Tapi ingat ya, kembalikan ke poin satu lagi, tanyakan pada diri,

“Apakah perasaan ku lebih baik setelah mengonsumsinya? atau hanya pelampiasan saja?”

4. Berceritalah dan jauhi sumber stres

Sebagian besar dari kamu, pasti cukup terisolasi dari rutinitas, komunitas, dan jejaring sosial saat ini. Manusia merupakan makhluk sosial, jadi salah satu cara mengatasi stres dan kesulitan, salah satunya yaitu bercerita.

Tetaplah berhubungan dengan keluarga, teman dan komunitas, untuk sekedar menanyakan kabar atau bertukar cerita. Selain itu, hindarilah berita yang bisa memicu stres di tengah pandemi ini, karena bisa menurnkan imun dan memicu mudahnya terinfeksi virus.

5. Hindari ngemil yang ngga berarti

Pasti sulit sekali buat kamu yang punya hobi, sedikit-sedikit buka aplikasi jajan online atau memegang toples camilan. Tapi, ingatlah tujuan awalmu, tanyakan pada diri sendiri, “Apakah saya lapar atau hanya bosan atau lelah (atau apa pun yang kamu rasakan)?”. Ngemil boleh, tapi jangan terlalu banyak, bahkan melampaui batas.

Nah, beberapa tips di atas bisa Teman Sehat lakukan untuk mengurangi stres yang bisa memicu rasa ingin makan dan ngemil selama berada di rumah. Jangan lupa untuk selalu konsumsi makanan dan minuman bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.