4P, Peran Bidan yang perlu Kamu Tahu!

Teman Sehat, di tahun yang baru ini pasti banyak orang-orang terdekat kamu yang sedang hamil maupun menunggu kelahiran si kecil. Yap, salah satu pertimbangan mereka menuju proses kelahiran adalah memilih petugas kesehatan yang akan menemani dalam proses kelahiran. Salah satunya adalah bidan, selain menangani masalah-masalah terkait dengan kehamilan, ternyata profesi ini juga punya peranan penting lainnya untuk masyarakat. Mau tahu apa saja penjabarab 4P ? So, let’s check it out!

1. Pelaksana

Ternyata bidan berperan penting dalam mencegah terjadinya kematian pada ibu dan kematian pada bayi, loh! Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan RI, diketahui setiap harinya, ada 830 ibu dan 7000 bayi baru lahir yang meninggal dunia. Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan hal ini terjadi.

  

Nah, bidan akan berupaya mencegah hal ini terjadi dengan memberikan pelayanan antenatal atau pelayanan kesehatan untuk menyiapkan calon ibu. Pelayanan ini bisa dilakukan sedini mungkin, mulai dari usia pranikah (remaja), selama kehamilan, persalinan, pasca persalinan, 1000 hari pertama kehidupan, hingga anak berusia balita. Berikut adalah penjelasannya:

  • Pelayanan usia pranikah, yaitu berupa konseling dan penyuluhan kepada individu, keluarga, dan masyarakat terkait dengan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi remaja.
  • Pelayanan masa kehamilan, yaitu berupa pelayanan antenatal di tempat kerjanya. Ibu hamil disarankan menjalankan pemeriksaan minimal 4 kali selama masa kehamilannya.
  • Pelayanan masa persalinan dan pasca persalinan, yaitu berupa membantu persalinan sesuai dengan tata cara yang benar. Selain itu juga membantu ibu dalam merawat anak yang baru dilahirkan, merawat kesehatan ibu nifas dan menyusui.
  • Pelayanan pasca nifas, yaitu berupa pelayanan KB, kesehatan anak balita dan prasekolah, serta pelayanan lain terkait dengan gangguan kesehatan reproduksi.

2. Pengelola

Sebagai pengelola, Bidan bertugas mengembangkan pelayanan dasar kesehatan di lingkungannya. Caranya dengan membentuk tim yang terdiri dari kader kesehatan, dukun bayi, dan tenaga kesehatan lainnya. Kegiatan ini dilakukan untuk menjalankan berbagai program kesehatan yang berhubungan dengan pengasuhan kebidanan. Selain itu juga membimbing para kader kesehatan dalam menjalankan tugas-tugasnya.

3. Pendidik

Sebagai salah satu profesi kesehatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, Bidan berperan dalam memberikan informasi penting seputar kehamilan, persalinan, pasca persalinan, dan kesehatan reproduksi. Pemberian pengetahuan ini biasanya dilaksanakan di kelas ibu hamil. Dalam kegiatannya, bidan bisa meminta bantuan k kesehatan di wilayah kerjanya untuk mengadakan penyuluhan atau kelas ibu hamil.

4. Peneliti/Investigator

Sebagai peneliti/investigator, bidan berupaya mencari tahu masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat. Dalam prosesnya, bidan harus menemukan akar dari masalah ini yang kemudian diproses dengan cara mewawancara masyarakat maupun melihat langsung ke lapangan. Kemudian solusi yang ditemukan, akan dituangkan dalam bentuk program-program kesehatan yang bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Nah, Teman Sehat, ternyata begitu penting ya, peran dari bidan! Diharapkan dengan adanya 4P ini, angka kematian ibu dan bayi akan berkurang, sehingga akan muncul generasi penerus yang berkualitas!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *