5 Gejala Cacingan pada Kucing dan Cara Mengobatinya

Siapa yang ngga menyukai hewan berbulu nan menggemaskan yang satu ini? Kucing termasuk dalam hewan yang rentan terkena penyakit dan parasit. Salah satu parasit yang sering bikin para owner mengeluh yaitu cacing. Seperti apa gejala cacingan pada kucing serta cara mengobatinya? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Cacingan ngga hanya menyerang kucing kampung saja, tapi juga kucing ras. Mungkin Sahabat Sehat sudah melakukan perawatan yang benar dengan memberi makanan yang berkualitas, rutin melalukan vaksinasi, dan ngga pernah absen untuk memandikan kucing. Tapi hal ini bukan jaminan kucingmu akan bebas dari cacing.

Kucing yang mengalami cacingan biasanya disebabkan adanya kontak dengan larva, telur, ataupun cacing itu sendiri. Cacing yang biasa menyerang kucing di Indonesia biasanya berupa cacing pita, cacing tambang, dan cacing gelang. Kucing yang ngga pernah main keluar sekalipun juga bisa terkena loh, kok bisa?

gejala cacingan pada kucing
Foto: Unsplash.com

Penyebab Cacingan pada Kucing

Lingkungan menjadi salah satu faktor penyebabnya. Lingkungan yang ngga bersih atau kotor memungkinkan tercemar telur cacing. Ngga heran jika kucing liar yang hidup dan berkembangbiak di tempat yang kotor akan cenderung terinfeksi cacing lebih tinggi daripada kucing yang dipelihara.

Kucing yang dipelihara pun setidaknya sekali dalam hidupnya bisa turut terkena cacingan. Penyebabnya berbagai macam diantaranya makanan yang terinfeksi, menelan kutu, melakukan kontak dengan siput, dan menelan larva cacing dari susu induknya. Penyebab paling sering yakni akibat dari menelan kutu karena kutu pada kucing akan menelan telur cacing.

5 Gejala yang Perlu Kamu Tahu

Sama seperti manusia, ketika hewan sedang sakit ada perbedaan pada fisik dan sikapnya. Saat kucing sedang cacingan, gejala yang biasa ditemukan, yaitu berubahnya fisik dan kebiasaannya. Apa aja sih gejala cacingan pada kucing? biasanya, kucing akan kehilangan berat badan tapi perut buncit, mengalami penurunan nafsu makan, feses berubah warna dan keluar cacing, muntah disertai keluarnya cacing serta bulu tampak kusam dan rontok.

Cara Mengobati Kucing Cacingan

mengatasi cacingan pada kucing
Foto: Freepik.com

Berbagai referensi menyebutkan beberapa bahan alami bisa membantu mengobati cacingan pada kucing. Tapi, hal ini dirasa kurang efektif karena masing-masing kucing memiliki kondisi atau tingkat keparahan yang berbeda.

Cara paling ampuh yang bisa kamu lakukan ketika kucing cacingan, yaitu dengan membawanya ke dokter hewan. Konsultasi dan pemeriksaan oleh dokter hewan akan lebih aman dan terjamin dibandingkan dengan menduga-duga yang justru mungkin akan membahayakan kesehatan kucing.

Sahabat Sehat, seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa penyebab paling umum yakni menelan kutu kucing, jadi kamu bisa mencegah terjadinya cacingan pada kucing dengan selalu memperhatikan kesehatan dan kebersihan dari kucing.

Editor &  Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Nealma, Samuyus., I Made Dwinata., dan Ida Bagus Made Oka. 2013. Prevalensi Infeksi Cacing Toxocara cati pada Kucing Lokal di Wilayah Denpasar. Indonesia Medicus Veterinus, 2(4) : 428 – 436.

international cat care. 2018. Worming Your Cat. https://icatcare.org/advice/worming-your-cat/ diakses pada 26 Juli 2021

PetGP. 2019. Worms in Cats: Symptoms Causes and Treatments. https://pet-gp.co.uk/worms-in-cats-symptoms-causes-and-treatments/ diakses pada 26 Juli 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.