5 Tanda Kamu Sudah Kecanduan Belanja

Sahabat Sehat, mumpung masih awal bulan nih, pasti banyak di antara kamu yang lagi semangat-semangatnya buat belanja, apalagi jaman sekarang belanja online semakin mudah dan terjangkau untuk semua orang. Tapi, ada satu hal yang perlu diwaspadai nih, belanja juga bisa membuat kamu kecanduan, loh!

Kecanduan Belanja

Kecanduan belanja biasa dikenal dengan istilah shopaholic, didefinisikan sebagai seseorang yang berbelanja secara kompulsif dan merasa ngga mampu untuk mengontrol perilakunya tersebut. Menurut peneliti dari Indiana University, penyebab kecanduan belanja ini yakni karena mereka yang mengalaminya ingin terus merasakan perasaan yang sama saat sedang berbelanja. Saat berbelanja, otak akan melepaskan hormon endorfin dan dopamin yang lama kelamaan bisa menyebabkan kecanduan.

tanda kecanduan belanja
Foto: Pixabay.com

Nah, Sahabat Sehat berikut ini ada lima tanda jika kamu mulai mengalami shopaholic.

Selalu Memikirkan tentang Belanja

Tanda yang pertama, yaitu kamu terus-menerus memikirkan tentang belanja, bahkan sampai ngga kenal tempat dan waktu. Misalnya, seperti kamu menghabiskan sebagian besar waktu dalam satu hari memikirkan tentang rencana belanja, mengabaikan kewajibanmu yang lain demi merencanakan tentang belanja, dan saat berhubungan dengan orang lain pun pikiranmu terus memikirkan tentang belanja.

Belanja untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Belanja memang bisa memberikan perasaan positif sesaat yang membuat siapapun merasa lebih percaya diri. Selain itu, banyak juga orang yang menjadikan belanja sebagai pelarian dari perasaan sedih, stress, marah, bosan, atau takut.

Hal yang perlu diwaspadai yaitu jika kamu mulai menganggap belanja sebagai satu-satunya cara yang bisa membuatmu percaya diri. Hasilnya, kamu akan merasa minder dan ngga berharga kalau belum atau tidak bisa berbelanja.

Berusaha Menyembunyikan Kebiasaan Belanja

Salah satu ciri-ciri orang yang kecanduan adalah berusaha untuk menyembunyikan kecanduannya. Ayo coba cek, selama ini kamu lebih sering belanja secara diam-diam atau ngga?

Beberapa cirinya, yaitu kamu mulai menyembunyikan struk tagihan belanjamu atau bahkan kamu mulai berbohong pada orang-orang terdekatmu. Misalnya, mengatakan ngga jadi membeli padahal sudah membeli barang tertentu atau berbohong tentang nominal uang yang dibelanjakan.

tanda kecanduan belanja
Foto: Pixabay.com

Rela Menanggung Risiko Demi Berbelanja

Ciri lainnya, yaitu rela melakukan apapun demi bisa memuaskan keinginannya, begitupun dalam kasus kecanduan belanja ini. Misalnya, seperti membeli barang melebihi kemampuan finansial, berhutang, meminjam uang dari orang lain untuk belanja, atau mengambil uang yang sudah disiapkan untuk kebutuhan lain supaya bisa belanja barang yang sebenarnya ngga kamu butuhkan.

Sulit Mengontrol Diri Saat Berbelanja

Tanda yang terakhir adalah sulit untuk mengontrol dorongan dalam diri untuk berbelanja. Orang normal akan mudah mengontrol dorongan ini, tapi bagi shopaholic, dorongan untuk membeli sesuatu akan terasa sangat ngga tertahankan. Para shopaholic juga biasanya akan merasa mendapatkan kekuatan dan kontrol setelah berbelanja.

Kabar baiknya, kebiasaan yang kurang baik ini bisa dibenahi. Salah satunya dengan belajar mencintai diri sendiri sehingga ngga perlu berbelanja untuk bisa merasa positif dan percaya diri. Sahabat Sehat, coba deh periksa lagi keranjang belanjamu, barangkali ada barang yang sebenarnya ngga terlalu diperlukan dan bisa kamu hapus. Ayo berlatih belanja secara sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

PsychGuides.com. 2021. Shopping Addiction Symptoms, Causes and Effects. https://www.psychguides.com/behavioral-disorders/shopping-addiction/. Diakses pada 2 November 2021

WebMD. 2021. Addicted To Shopping: 7 Signs You May Have A Problem. https://www.webmd.com/connect-to-care/addiction-treatment-recovery/signs-of-a-shopping-addiction. Diakses pada 2 November 2021

Verywellmind. 2020. Traits and Patterns of Shopaholics. https://www.verywellmind.com/inside-the-mind-of-a-shopaholic-22179. Diakses pada 2 November 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.