5 Zat Gizi pada Ikan yang Perlu Kamu Tahu!

Teman Sehat, kamu tau ngga sih? Ternyata dalam memenuhi kebutuhan sumber protein hewani (daging sapi, daging ayam, dan telur) dan produk olahan penduduknya, Indonesia masih tergantung dengan produk impor.

Sebagai negara dengan potensi perikanan tinggi, Indonesia bisa menjadikan ikan sebagai salah satu sumber protein utama. Berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, volume produksi perikanan tangkap Indonesia tahun 2014 di laut sebesar 6.037.654 ton dan di perairan umum sebesar 446.692 ton, tapi sayangnya jumlah konsumsi nya sebesar 32,25 kg/kap/tahun.

Padahal kandungan zat gizinya ngga kalah loh, dengan sumber protein hewani lainnya! Mau tau zat gizi apa aja yang bisa kamu dapat dari konsumsi sumber protein yang satu ini? So, let’s check it out!

1. Asam Lemak Omega 3

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang mengandung zat gizi asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3, merupakan asam lemak ‘baik’ yang dibutuhkan tubuh dan berasal dari makanan yang kamu konsumsi.

Zat gizi asam lemak omega 3, seperti EPA dan DHA banyak ditemukan pada ikan makerel, sardin dan salmon. Daging ikan ini, biasanya mengandung lemak yang tinggi. Tapi lemak yang terkandung, adalah lemak ‘baik’ (PUFA/Poly Unstaturated Acid) dan bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

2. Protein

Jumlah kandungan protein pada daging ikan rata – rata 19%, sedangkan pada tuna yang dimasak, mengandung protein sebesar 30%. Fungsi protein adalah untuk membangun struktur utama dalam sel, enzim dalam membran, hormon dan alat pembawa. Protein juga digunakan sebagai sumber energi dan asam amino, yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel.

3. Vitamin dan Mineral

Hewan laut juga banyak mengandung vitamin dan mineral, loh! Seperti vitamin A, vitamin D, mineral makro (K, Ca, Mg, dan P) dan mineral mikro (Se, F, I, Co dan Mn). Vitamin dan mineral, dibutuhkan oleh tubuh untuk keperluan proses metabolisme, loh!

4. Karotenoid

Zat ini berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menangkal zat radikal bebas, pemacu timbulnya penyakit kanker dan menjaga kesehatan mata. Salah satu jenis zat karoten yang terkandung di dalam ikan yaitu astasanthin, yang bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, mencegah katarak, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Taurin

Taurin merupakan salah satu asam amino yang banyak terdapat pada tulang, jaringan jantung dan otak manusia. Taurin banyak terdapat pada jenis makarel, salmon, tuna, albakor, pari, hiu, dan beberapa jenis lainnya. Taurin bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi jumlah kolesterol dalam darah.

Bagaimana Teman Sehat? Banyak kan, manfaat dari konsumsi ikan. Yuk, tingkatkan konsumsinya, agar kamu mendapatkan manfaat dari zat gizi yang dikandungnya! Jangan lupa share ya, pengalaman kamu di kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *