Ikan Kembung Ngga kalah Keren, loh!

Teman Sehat, salah satu penyebab kurangnya minat masyarakat buat mengonsumsi ikan, selain karena prosesnya yang kurang tepat, juga salah satunya pertimbangan harga. Terkadang ikan yang menjadi acuan dengan kandungan zat asam lemak omega 3 yang baik, cuma ada pada ikan salmon atau ikan tuna yang harganya mahal.

   

Padahal, salah satu ikan yang sering kamu konsumsi ini, ternyata zat gizi menyamai kandungan ikan tersebut loh! Yap, ikan kembung. Kamu mau tau apa istimewanya ikan ini? So, let’s check it out!

Ini loh, yang buat ikan kembung keren!

Ikan kembung (Rastrellinger sp.) atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai indian mackerel, merupakan ikan yang biasanya menjadi pilihan lauk buat menemani makan kamu. Banyak yang memandang sebelah mata tentang ikan ini, padahal jika dibandingkan dengan ikan salmon, ikan kembung ngga kalah keren loh!

Kandungan protein

Berdasarkan data dari DKP Provinsi Jateng, kandungan gizi per 100 gr protein ikan kembung (21,4 g), sama dengan ikan tenggiri (21,4 gr) dan lebih tinggi dari ikan salmon (19,9 gr). Kandungan kolesterolnya pun, lebih rendah (33 mg) loh, dari pada ikan salmon (52 mg).

Asam lemak omega 3

Selain kandungan protein, ikan kembung juga kaya akan asam lemak omega 3, yang mengandung zat EPA dan DHA yang baik bagi perkembangan otak dan menjaga kesehatan jantung. Kandungan zat EPA dan DHA yang terkandung dalam ikan kembung, banyak terdapat di bagian perut, kepala dan daging.

Kenapa kandungan omega 3 banyak terdapat di perut ikan? Karena perut digunakan sebagai organ pencernaan, maka cadangan lemak baik yang ada diperut tersedia dalam jumlah yang banyak. Walaupun jika dibandingkan dengan ikan salmon kandungan lemaknya masih lebih tinggi dari pada ikan kembung.

Kandungan vitamin dan mineral

Jika dibandingkan dengan ikan salmon, kandungan zat besi ikan kembung (0,9 mg) lebih tinggi dari ikan salmon (0,77 mg). Asupan zat besi pada makanan, terkait dengan kecukupan sel darah merah di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin D di dalam ikan kembung hampir setara dengan ikan salmon, loh! Keduanya merupakan ikan yang merupakan salah satu sumber vitamin D. Menurut National Institutes of Health Office of Dietary Supplements, asupan vitamin D dari ikan akan lebih optimal dari sinar matahari. Vitamin D baik loh untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang kamu, selain dari mineral kalsium!

Nah, sekarang kamu udah tau kan, kalau ikan ini ngga kalah keren kandungan gizinya dibandingkan dengan ikan lain! Kamu bisa mengonsumsi ikan ini, dalam bentuk sajian ikan bakar, goren atau pepes. Bahkan, ada penelitian yang membuat ikan ini menjadi sosis kaya akan zat gizi omega 3 dan surimi, loh! Yuk, konsumsi ikan Teman Sehat! Jangan lupa share pengalaman kamu makan ikan di bawah ini, ya!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.