Serba Serbi Suplemen Olahraga

serba serbi minuman suplemen olahraga
Foto: Pixabay.com

Teman Sehat, saat ini beberapa jenis suplemen makanan sudah banyak dijual bebas di pasaran. Tentunya, ngga boleh sembarangan dalam konsumsi suplemen karena kalau ngga sesuai justru akan memberikan efek buruk bagi tubuh. Ingin tahu apa saja serba-serbi suplemen yang perlu diketahui? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Suplemen dan Fungsinya

Foto:: Pixabay.com

Teman Sehat, suplemen dan obat merupakan suatu hal yang berbeda. Obat memiliki  fungsi untuk menyembuhkan suatu penyakit dan meringankan keluhan yang diderita oleh seseorang. Sedangkan suplemen merupakan zat yang mempunyai peran sebagai tambahan gizi selain makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Selain itu, suplemen juga memiliki peran untuk mengoptimalkan hormon dan fungsi tubuh.

Bentuknya sangatlah beragam mulai dari kapsul, tablet, bubuk hingga cairan, begitu pula fungsinya. Jadi, sebelum mengonsumsinya sebaiknya kamu mencari informasi produk suplemen yang akan konsumsi.

Salah satunya suplemen olahraga yang memiliki fungsi untuk menunjang kegiatan selama berolahraga. Efek yang ditimbulkan seperti menambah energi, membentuk tubuh atau mengencangkan otot. Sebenarnya kamu ngga membutuhkan suplemen ini jika kamu sudah menerapkan konsumsi gizi seimbang dan ngga sedang berolahraga secara intens.

Jenis Suplemen Olahraga

Berikut ini jenis suplemen olahraga yang banyak di pasaran :

Minuman Isotonik

Jenis ini memiliki manfaat untuk menggantikan cairan, energi dan elektrolit tubuh yang hilang saat berolahraga. Biasanya dikonsumsi dengan cara diteguk seperti minuman biasa. Minuman isotonik memiliki daya serap tinggi dalam usus sehingga bisa membuat perut kosong lebih cepat.

Sebanyak 98% komposisi dari kategori suplemen ini terdiri dari air dan 2% lainnya terdiri dari ion NaCl (Natrium Klorida), KP (Kalium fosfat), Mg (magnesium sitrat) dan Ca (kalsium laktat) yang memiliki fungsi menggantikan elektrolit yang hilang. Sebaiknya saat mengonsumsinya jangan sembarangan, karena minuman isotonik mempunyai kandungan asam nitrat yang bersifat erosif dan bisa berpengaruh pada lambung dan gigi.

Minuman berenergi

Biasanya minuman ini mengandung karbohidrat, serta diberi tambahan vitamin dan mineral. Bagian penting yang perlu diperhatikan saat mengonsumsinya yiatu, tubuh mungkin akan mengalami perubahan drastis. Misalnya merasa lebih bersemangat dan ngga cepat merasa lelah walaupun sudah melakukan banyak aktivitas.

Jika terlalu sering dikonsumsi, justru bisa berbahaya karena tubuhmu secara ngga sadar sudah dipaksa bekerja secara keras. Hal ini bsia berakibat fatal pada fungsi organ penting seperti jantung, hati dan ginjal.

Foto: Pixabay.com

Suplemen Creatine

Duplemen ini bermanfaat untuk menambah tenaga ke sel-sel otot sehingga membentuk otot terlihat berat. Biasanya jenis dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang membentuk massa otot. Konsumsi berlebih dan ngga dibarengi dengan latihan yang tepat dan justru bisa berisiko pada kesehatan tubuh, loh! Hal ini dikarenakan creatin akan banyak menyerap cairan tubuh yang membuat kinerja ginjal semakin berat.

Suplemen Hormon

Jenis ini bermanfaat untuk menambah tenaga dan membentuk otot. Biasanya terdapat dalam bentuk susu protein, kapsul dan tablet. Konsumsi yang sembarangan dan ngga sesuai aturan bisa membahayakan kesehatan, loh! Suplemen ini akan mempengaruhi hormon dalam tubuh, sehingga kinerja jantung menjadi lebih cepat dan bisa menimbulkan stroke.

Teman sehat, itulah beberapa jenis suplemen olahraga beserta manfaat dan risikonya bagi tubuh. Sebelum mengonsumsinya, sangat disarankan untuk memahami betul detail informasi suplemen yang akan dikonsumsi. Jangan mudah terpancing iklan dan klaim tanpa dasar yang beredar, ya! Kamu juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter tentang jenis suplemen dan cara konsumsi yang tepat.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjantii STP

Referensi

Wiarto, Giri. 2015. Panduan Berolahraga. Yogyakarta : Graha Ilmu

Hidayah, Taufik dan Sugiarto . 2013. Studi Kasus Konsumsi Suplemen pada Member Fitness Center di Kota Yogyakarta. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia Volume 3. Edisi 1.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/miki/article/view/2658

Wijaya dkk. 2015. Konsumsi Suplemen Atlet Remaja di SMA Ragunan Jakarta. Journal Gizi Pangan : Vol 10 No 1.
https://journal.ipb.ac.id/index.php/jgizipangan/article/view/9309

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.