Air Minum Kemasan Bisa Kadaluwarsa, Benarkah?

Saat ini air minum kemasan mudah kamu temukan dimana saja dengan beragam jenis merk. Sahabat Sehat juga pasti tahu mengenai tanggal batas waktu yang tertulis pada botol air minum kemasan tersebut. Tapi apakah benar air minum dalam kemasan bisa kadaluwarsa? Lalu, jika terlanjur konsumsi air minum kemasan yang telah kadaluwarsa apa yang terjadi? Eits, jangan panik dulu, ya Simak fakta menariknya di penjelasan berikut ini, lets’ check it out!

Botol Kemasan Air Minum

tanggal kadaluwarsa pada air minum kemasan
Foto: Pixabay.com

Sahabat Sehat, sebenarnya air mineral ngga memiliki kadaluwarsa dan ngga akan basi seperti jenis pangan lain yang memiliki batas waktu konsumsi. Kadaluwarsa yang tercantum pada kemasan air minum sebenarnya ditujukan untuk batas aman lama pengunaan kemasan itu sendiri. Botol plastik yang digunakan sebagai wadah air minum terbuat dari Polyethylene Terephthalate (PETE/PET) yang bisa menyebabkan timbulnya cemaran bahan kimia seperti antimony dan Bisphenol A (BPA) sehingga memengaruhi kualitas air yang kamu konsumsi. Batas waktu penggunaan botol kemasan air mineral biasanya selama 2 tahun setelah hari produksi.

Regulasi Botol sebagai Kemasan Air Minum

Produksi air minum dalam kemasan botol telah diatur oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat (FDA) dengan memfokuskan terhadap standar identitas, standar kualitas, dan CGMP-nya. Walau penetapan tanggal kadaluwarsa pada kemasan air minum ngga diwajibkan, tapi produsen tetap perlu mencantumkan untuk menjamin produk air minum yang dikelola sesuai klaim kualitas dan dipastikan ngga berbahaya bila dikonsumsi.

tanggal kadaluwarsa pada kemasan air minum
Foto: Pixabay.com

Meskipun aman dikonsumsi, kamu tetap perlu memperhatikan bagaimana air minum kemasan tersebut disimpan guna membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan mengurangi risiko efek samping yang timbul seperti mual, sakit perut, muntah, dan diare akibat cemaran dari penggunaan botol plastik. Suhu hangat mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri dan pelepasan bahan kimia plastik yang berbahaya ke dalam air. Alangkah baiknya hindari tempat penyimpanan yang terkena sinar matahari langsung dan letakkan di tempat sejuk sebagai upaya keamanan pangan yang tepat.

Jadi, Sahabat Sehat perlu diingat bahwa tanggal yang ada pada botol air minum kamu ditujukan untuk menentukan kualitas dari kemasan air minum tersebut. Jadi, meskipun sebenarnya masih aman dionsumsi, air minum yang sudah disimpan terlalu lama, tetap bisa mengalami perubahan rasa maupun bau. Selain itu, risiko cemaran zat berbahaya dari kemasan plastiknya juga lebih tinggi. Sebaiknya jangan dikonsumsi jika sudah tercium bau ngga enak atau terjadi perubahan warna. Salam Sehat.

Editor & Proofreader: Zafira  Raharjanti, STP

Referensi

FDA. 2019. Bottled Water Everywhere: Keeping it Safe. https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/bottled-water-everywhere-keeping-it-safe. Diakses pada 15 Juli 2021.

Kominfo. 2019. [DISINFORMASI] Air Minum Kemasan Bisa Kadaluarsa. https://www.kominfo.go.id/content/detail/22937/disinformasi-air-minum-kemasan-bisa-kadaluarsa/0/laporan_isu_hoaks. Diakses pada 15 Juli 2021.

Link, Rachael. 2020. Does Water Expire?. https://www.healthline.com/nutrition/does-water-expire. Diakses pada 15 Juli 2021.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.