5 Minuman yang Bantu Pembakaran Lemak

Sahabat Sehat, berat badan ideal pasti menjadi impian semua orang, kan? Salah satu masalah yang bisa menghambat penurunan berat badan yaitu adanya lemak berlebih. Lemak merupakan cadangan energi yang disimpan dalam tubuh yang juga membantu mengatur suhu tubuh manusia. Apabila terlalu banyak dalam tubuh, lemak sangat sulit untuk dihilangkan dan menyebabkan kegemukan.

Banyak orang mencari cara untuk membakar lemak, tapi istilah “membakar lemak” sendiri sebenarnya berarti upaya untuk meningkatkan metabolisme lemak, menghambat penyerapan lemak, dan meningkatkan oksidasi lemak saat beraktivitas. Pembakaran lemak bisa dilakukan melalui olahraga atau konsumsi makanan dan minuman yang bisa membantu metabolisme lemak dalam tubuh. Yuk, intip 5 minuman yang bisa membantu pembakaran lemak.

air mineral bantu pembakaran lemak
Foto: Pexels.com

1. Air

Air sangat esensial dalam kehidupan, sebab tubuh manusia sebagian besar terdiri atas air. Tanpa air, manusia bisa mengalami dehidrasi yang berakibat pada terhambatnya metabolisme. Begitu juga dengan metabolisme lemak yang sangat bergantung pada ketersediaan air dalam tubuh. Makanya, kamu harus rajin minum air mineral supaya tubuh tetap terhidrasi dan metabolisme lemak bisa berjalan dengan baik. Makanan yang mengandung banyak air juga membuat tubuh cepat merasa kenyang karena air punya efek meregangkan lambung.

2. Air Lemon dan Jus

Lemon merupakan buah kaya akan vitamin C yang baik untuk metabolisme tubuh. Mengonsumsi perasan lemon dengan air hangat di pagi hari, saat perut masih kosong baik dalam membantu penurunan berat badan. Jus buah dan sayur bila dibuat tanpa penambahan gula juga sangat baik dalam menurunkan berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi.

3. Teh dan Kopi

Teh dan kopi memiliki kandungan kafein yang bermanfaat membantu pembakaran lemak. Kopi hijau mengandung asam klorogenat yang bisa meningkatkan metabolisme dan oksidasi asam lemak, serta menghambat penyerapan lemak di usus.

Selain kafein, teh juga punya kandungan senyawa polifenol berupa katekin yang membantu pembakaran kalori dan lemak, serta berperan sebagai antioksidan. Gabungan kafein dan katekin dalam teh sangat efektif membantu oksidasi lemak dan pengeluaran energi, terlebih pada saat olahraga. Sebaiknya konsumsi teh dan kopi tanpa penambahan gula, ya.

minuman yang bantu pembakaran lemak
Foto: Unsplash.com

4. Air Jahe

Tanaman rempah yang satu ini punya banyak kandungan senyawa aktif yang baik bagi kesehatan. Gingerol dan shogaol merupakan senyawa aktif utama dalam jahe yang bisa menghambat penumpukan lemak dalam tubuh dan mengaktifkan enzim metabolisme lemak sehingga membantu pencernaan lemak. Jahe juga membantu menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Cara membuat air jahe sangat mudah, kamu hanya perlu merebus jahe yang sudah digeprek selama 10 menit dengan perbandingan jahe dan air 1:10. 

5. Cuka Apel

Cuka apel merupakan hasil fermentasi sari apel yang punya banyak manfaat, termasuk membantu pembakaran lemak. Cuka apel punya rasa yang sangat asam jadi untuk mengonsumsinya kamu hanya perlu melarutkan 1 sendok makan cuka apel dalam segelas air. Konsumsi rutin air cuka apel bisa membantu menjaga berat badan, mengontrol tekanan darah dan kadar gula dalam darah, serta menurunkan kolesterol. 

Nah itu dia 5 minuman yang bisa membantu proses metabolisme lemak tubuh. Tetap jaga tubuhmu terhidrasi dan jangan lupa imbangi degan asupan gisi seimbang serta berolahraga ya, Sahabat Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Dais, D. dan Alias, M. 2018. Impact of Drinking Water on Weight Loss: A Review. Int. J. Pharm. Sci. Rev. Res. https://globalresearchonline.net/journalcontents/v53-1/13.pdf Diakses pada 11 Juli 2021. 

El-Zayat, S. R., Sibaii, H., dan El-Shamy, K. 2019. Physiological process of fat loss. https://bnrc.springeropen.com/track/pdf/10.1186/s42269-019-0238-z.pdf Diakses pada 11 Juli 2021. 

Mayani, L., Yuwono, S. S., dan Ningtyas, D. W. 2014. Pengaruh Pengecilan Ukuran Jahe dan Rasio Air terhadap Sifat Fisik Kimia dan Organoleptik pada Pembuatan Sari Jahe (Zingiber officinale). Jurnal Pangan dan Agroindustri. https://jpa.ub.ac.id/index.php/jpa/article/view/87/105 Diakses pada 11 Juli 2021. 

Pusparatha, S. B., Devi, R. G., dan Jyothipriya, A. 2019. Effects of apple cider vinegar on diabetic and obese patients. Drug Invention Today. https://jprsolutions.info/files/final-file-5cee92b9cb3b10.48470757.pdf Diakses pada 11 Juli 2021. 

Wang, J., Ke, W., Bao, R., Hu, X., dan Chen, F. 2017. Beneficial effects of ginger Zingiber officinale Roscoe on obesity and metabolic syndrome: a review. Annals of the New York Academy of Sciences. https://www.researchgate.net/publication/316975019_Beneficial_effects_of_ginger_Zingiber_officinale_Roscoe_on_obesity_and_metabolic_syndrome_A_review Diakses pada 11 Juli 2021.

Lelyana. 2017. Underlying Mechanism of Coffee as Inhibitor Adipogenesis for Complementary Medicine Use in Obesity. Journal of Nanomedicine & Nanotechnology. 

https://www.longdom.org/open-access/underlying-mechanism-of-coffee-as-inhibitor-adipogenesis-forcomplementary-medicine-use-in-obesity-2157-7439-1000425.pdf Diakses pada 11 Juli 2021

Hursel, R., Viechtbauer, W., dan Westernterp-Plantenga, M. S. 2009. The effects of green tea in weight loss and weight maintenance: a meta-analysis. International Journal of Obesity. https://www.researchgate.net/publication/26666169_Effects_of_green_tea_on_weight_loss_and_weight_maintenance_A_meta-analysis Diakses pada 11 Juli 2021. 

Setyono, J., Nugroho, D. A., Mustofa, dan Saryono. 2014. Efek Orlistat, Ekstrak Biji Kopi Hijau, dan Kombinasinya terhadap Kadar Adiponektin dan Profil Lipid. Jurnal Ners. https://media.neliti.com/media/publications/116007-ID-none.pdf Diakses pada 12 Juli 2021. 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.