Apakah Penderita Lupus dapat Berpuasa?

Halo Teman sehat! Pernakah kamu mendengar tentang penyakit lupus? Lupus adalah peradangan (inflamasi) kronis yang disebabkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh sendiri. Lupus dapat menyerang berbagai bagian dan organ tubuh seperti kulit, sendi, sel darah, ginjal, paru-paru, jantung, otak, dan sumsum tulang belakang. Pada kondisi normal, sistem imun akan melindungi tubuh dari infeksi. Tapi, pada penderita lupus sistem imun justru menyerang tubuhnya sendiri.

Saat ini, umat Muslim sedang menjalankan ibadah dibulan Ramadhan. Teman Sehat pasti bertanya-tanya, apakah penderita lupus boleh berpuasa? Yuk, cari tahu!

Ternyata…

Tahukah kamu bahwa penderita lupus justru disarankan untuk melakukan puasa? Pemicu kambuhnya penyakit lupus adalah meningkatnya imunitas atau sistem kekebalan di dalam tubuh. Pada saat berpuasa, sistem imun akan menurun, sehingga penderita lupus akan merasa tubuhnya lebih sehat dan fit.

Yuk, ketahui tips berpuasa bagi penderita lupus!

Makanan yang mengandung tinggi garam meningkatkan risiko terkena hipertensi dan penyakit jantung. Oleh karena itu, membatasi makanan yang asin-asin dan sumber Natrium adalah salah satu poin penting. Alternatifnya, untuk menambah cita-rasa pada makanan, gantilah garam dengan bawang putih atau lada. Bahan-bahan lainnya seperti lemon dan berbagai rempah-rempah juga ngga kalah hebat dalam melezatkan makanan.

  • Mengonsumsi makanan kaya zat besi

Penderita lupus disarankan untuk memperbanyak asupan makanan kaya zat besi seperti sayur-sayuran hijau, hati sapi dan ikan. Hal ini untuk mengurangi gejala anemia yang kerap melanda para penderita lupus.

  • Perbanyak konsumsi ikan!

Ikan merupakan bahan makanan yang kaya akan omega 3. Omega 3 pada ikan mengandung zat anti inflamasi alami yang sangat bermanfaat bagi penderita lupus karena dapat mengurangi pembengkakan atau peradangan yang diakibatkan oleh penyakitnya.

  • Tidak beraktivitas secara berlebihan

Selama berpuasa, penderita lupus dianjurkan untuk melakukan aktivitas harian secara santai dan ngga berlebihan. Jika memungkinkan, kurangi aktifitas dan perbanyak beristirahat. Hal ini dikarenakan durasi istirahat sangat penting demi menjaga kestabilan tubuh penderita lupus. Jika pola istirahat gagal diperoleh, maka bisa menurunkan kesehatan penderita lupus ketika puasa.

Nah, sekarang Teman sehat udah ngga penasaran lagi kan seputar berpuasa bagi penderita lupus? Jangan lupa share informasi ini ke keluarga dan teman kamu ya! Selamat berpuasa.

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *