Khasiat OMAI, Produk Biodiversitas Alam Indonesia

Halo Sahabat Sehat! Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keberagaman tanaman yang tinggi, yaitu sebesar 15,5% dari total keseluruhan jumlah tanaman di seluruh dunia. Kaya akan sumber hayati juga merupakan unggulan yang dipunyai oleh Indonesia, berpotensi untuk digunakan sebagai bahan dasar obat bahan alam.

Kecenderungan masyarakat dalam menggunakan bahan alam saat ini, bertujuan untuk menjaga kesehatan hingga mengobati berbagai penyakit. Seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, penelitian terkait pemanfaatan bahan alam ini sudah banyak dilakukan.

Penelitian berskala nasional dan internasional sudah dilakukan sejak lama. Hal ini merupakan jalan untuk memajukan pengobatan tradisional yang fokus terhadap individu dalam pelayanan kesehatan serta memaksimalkan pemanfaatannya melalui regulasi dan prakteknya. Nah, apa saja produknya? Kenalan yuk!

obat tradisional dan obat herbal
Foto: Pexels.com

Mengenal OMAI

OMAI merupakan singkatan dari obat modern asli Indonesia, berasal dari bahan alam asli Indonesia yang telah memiliki bukti ilmiah keamanan dan khasiatnya. OMAI yang termasuk dalam salah satu hasil biodiversitas Indonesia ini terdiri dari obat herbal terstandar (OHT) dan fitofarmaka (FF).

OHT yaitu sediaan obat bahan alam dengan bahan baku yang telah distandardisasi untuk memenuhi persyaratan dalam hal keamanan dan mutunya, serta klaim manfaat yang disertai bukti ilmiah melalui uji praklinik (hewan). Sediaan obat bahan alam berupa FF pun juga sama, yang membedakannya adalah keamanan dan khasiat FF telah terbukti melalui uji klinik.

OHT dan FF di Indonesia yang telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yaitu 62 dan 25 produk. Istilah OHT hanya dikenal di Indonesia, berbeda dengan FF yang disebut juga sebagai fitoterapi sudah diperkenalkan oleh seorang dokter di Perancis, Henri Leclare, tahun 1992 melaui buku, Precis de Phytotherapie.

Mengambil manfaat OMAI

OMAI dikenal khasiatnya dalam tubuh, dikenal luas dan digunakan secara turun temurun. Produk OMAI tentu sudah melalui tahapan berbagai uji untuk mengetahui aspek mutu, keamanan dan khasiatnya dari obat bahan alam sehingga bisa diterima dan dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

produksi dan manfaat OMAI di Indonesia
Foto: Pexels.com

World Health Organization (WHO) juga merekomendasikan pengembangan dan penggunaan obat bahan alam yang telah memenuhi ketiga kriteria di atas dalam pelayanan kesehatan. Nah, apa saja manfaatnya?

Pertama, OHT mempunyai khasiat yaitu mempertahankan kekebalan tubuh, membantu menjaga kesehatan, meredakan gejala ringan (pusing, pegal-pegal, batuk), melegakan tenggorokan, dan membantu meringankan gejala pilek yang disertai sakit tenggorokan. Kedua, FF memiliki khasiat yakni memelihara hingga memperbaiki sistem imunitas tubuh atau immunomodulator.

Dalam mempertahakan dan meningkatkan daya tahan tubuh, Sahabat Sehat bisa menjadikan produk OMAI sebagai pilihannya. Kenali khasiat dan keamanan produk OMAI melalui kanal BPOM RI, ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

BPOM. 2020. Informatorium Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) di Masa Pandemi COVID-19. Badan Pengawas Obat dan Makanan Repubik Indonesia. April 2020

BRIN. 2021. Biodiversitas Indonesia dalam Konservasi Keanekaragaman Hayati. https://www.brin.go.id/biodiversitas-indonesia-dalam-konservasi-keanekaragaman-hayati/. Diakses 18 Juni 2022

Dexa Group. 2020. Konsep Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) dalam penggunaannya di fasilitas kesehatan formal. https://figshare.com/articles/journal_contribution/Konsep_Obat_Modern_Asli_Indonesia_OMAI_dalam_penggunaannya_di_fasilitas_kesehatan_formal/12367331/5. Diakses 18 Juni 2022

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.