Bahaya! Anak Lebih Rentan Terkena Hepatitis A

Hai Sahabat Sehat! Setiap tanggal 28 Juli 2021 diperingati sebagai hari hepatitis sedunia. Kamu tahu ngga, apa itu hepatitis? Apa saja yang menjadi penyebab munculnya penyakit ini serta kenapa lebih rentan dialami anak? So, berikut penjelasan lebih lanjut mengenai hepatitis pada anak.

Apa sih, penyakit Hepatitis itu?

Hepatitis merupakan kondisi peradangan yang ada pada liver atau hati, penyebabnya yaitu agen-agen toksik seperti virus. Virus penyebab hepatitis sangatlah beragam, yaitu virus Hepatitis A, B, C, D, dan E  yang bisa menyebabkan jenis penyakit yang berbeda.

Pada negara berkembang dengan kondisi sanitasi lingkungan yang buruk, sebagian besar anak-anak sudah terinfeksi virus ini. Kondisi ini bisa diketahui dengan adanya antibodi anti virus hepatitis A. Hepatitis A mempunyai masa inkubasi yang pendek sekitar 30 hari, bersifat epidemis dan menular. Penularan bisa melalui fecal-oral­ (makanan dan minuman) yang tercemar virus, biasanya terjadi pada lingkungan dengan sanitasi buruk.

hepatitis a pada anak
Foto: Freepik.com

Permasalahan utama penyakit Hepatitis A

1. Perilaku hidup sehat dan bersih yang buruk

Perilaku hidup sehat dan bersih yang meliputi kebersihan diri dan lingkungan menjadi salah satu aspek penting untuk diperhatikan. Karakter anak yang aktif, memungkinkan mereka bermain ke tempat dengan kebersihan yang buruk. Peran orang tua juga sangat penting untuk mengontrol anaknya supaya hidup sehat dan bersih. Memperhatikan apa yang dikonsumsi, menjaga supaya ngga bermain di area kotor dan mengajari anak membiasakan diri bisa menjaga kebersihan.

2. Perubahan musim

Penyakit hepatitis A biasanya meningkat pada saat pergantian musim, ketika akhir musim kemarau dan awal musim hujan. Pada masa ini, jumlah virus bisa meningkat termasuk dengan virus hepatitis A. Selain itu, biasanya daya tahan tubuh juga ikut melemah sehingga tubuh lebih mudah terinfeksi bila terpapar virus ini. Oleh karena itu, kamu perlu lebih waspada ketika memasuki masa pergantian musim terjadi.

3. Sanitasi lingkungan buruk

Banyaknya lingkungan yang masih belum memiliki pasokan air bersih yang memadai menjadikan penyakit ini cepat mengalami peningkatan. Sanitasi lingkungan yang baik memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Seperti contoh terhindar dari penyakit menular. Hal ini menjadi peran seluruh lapisan masyarakat untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

4. Kerentanan anak terjangkit Hepatitis A

Anak-anak memiliki kecenderungan aktif dan banyak berinteraksi dengan lingkungannya. Keaktifan ini sering kali ngga terpantau oleh orang tua, sehingga lebih rentan mengalami pola hidup yang kurang sehat dan bersih. Seperti contoh membeli jajanan dari penjual yang kurang memperhatikan kebersihan produknya. Hal ini bisa memicu munculnya masalah kesehatan termasuk penyakit hepatitis A.

kenapa anak lebih rentan terkena heptitis a?
Foto: Pexels.com

Upaya pencegahan Hepatitis A

Perilaku hidup sehat dan bersih sangatlah penting dan perlu dibiasakan sejak dini. Makan dengan teratur dan gizi yang seimbang, banyak mengonsumsi sayur dan buah, serta memiliki porsi istirahat cukup.

Virus ini bisa menular melalui makanan dan minuman, oleh karena itu jangan lupa untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan selagi mengolah makanan. Biasakan juga untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, serta ketika keluar dari toilet. Hepatitis A bisa dicegah dengan vaksin dan perlu diulang 2-3 kali untuk menimbulkan kekebalan yang maksimal.

Pada Hari Hepatitis Sedunia, Sahabat Sehat tentunya diharapkan untuk lebih kenal dan peka terhadap penyakit hepatitis. Sudah menjadi tugas bersama untuk mencegah penyakit ini, mengingat sifatnya yang mudah menular.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Depkes RI, 2007. Pharmaceutical Care untuk Penyakit Hati. Jakarta : Direktorat Bina Farmasi Komunitas dan Klinik Ditjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Hikmah, Faiqatul. 2013. Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa Tentang Penyakit Hepatitis A di Politeknik Negeri Jember. Jurnal Ilmiah INOVASI, Vol.13 No.1, Hal. 66-70

Mardhiyah, Ai, Henny Suzana Mediani, Laili Rahayuwati. 2019. Promosi Kesehatan Kepada Orang Tua Mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Mencegah Hepatitis A pada Anak. MKK: Volume 2 No 1 Mei 2019

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.