Bakteri Listeria pada Jamur Enoki, Berbahayakah?

Teman Sehat, apakah kamu tahu berita akhir-akhir ini? Yap, betul berita jamur enoki dari Korea Selatan yang mengandung bakteri Listeria. Pada akhirnya, Kementrian Pertanian mengambil keputusan untuk menarik dan memusnahkannya. Tapi, sebenarnya seberapa bahayakah bakteri ini bagi tubuh? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Menyebabkan diare hingga kematian

Tahukah kamu? Ternyata dampak yang disebabkan oleh infeksi bakteri Listeria yaitu diare, demam, sakit kepala, dan nyeri sendi. Berbeda dengan seseorang orang dalam kondisi normal, perempuan hamil, lansia, dan orang sakit memiliki risiko yang lebih tinggi.

Risikonya yaitu septicemia atau perdangan pada seluruh tubuh termasuk organ dalam yang bisa berujung pada kematian. Selain itu, risiko terkena meningitis atau radang selaput otak juga bisa terjadi, sehingga mengakibatkan penderita mengalami koma, kelumpuhan, bahkan kematian.

Kelompok yang lebih berisiko

Teman Sehat, bakteri ini bisa menjangkit siapa saja. Tetapi kelompok yang memiliki risiko tinggi seperti ibu hamil, lansia, dan orang sakit dengan imunitas rendah lebih mudah terinfeksi, loh! Ibu hamil yang terinfeksi bakteri ini, bisa mengalami kelahiran bayi prematur, keguguran, bahkan kematian bayi saat dilahirkan.

Lansia, khususnya usia di atas 65 tahun, memiliki risiko terinfeksi 4 kali lebih besar daripada orang biasa. Hal ini disebabkan semakin bertambahnya umur seseorang, maka kandungan asam lambungnya semakin berkurang. Selain berfungsi untuk memproses makanan, asam lambung juga berfungsi membunuh kuman, Nah, hal inilah yang menyebabkan lansia lebih rentan terhadap beberapa penykait, termasuk infeksi bakteri Listeria.

Seseorang dengan penyakit kronis, biasanya memiliki imunitas rendah. Obat-obatan yang dikonsumsi, biasanya membuat imunitas menurun, seperti kemoterapi pada kanker dan steroid pada penyakit paru-paru.

Pilihlah makanan sebelum dikonsumsi

Tindakan pencegahan merupakan cara paling efektif untuk menghindari infeksi bakteri ini. Sebelum mengolah atau menyajikan makanan, kamu perlu mencuci tangan terlebih dahulu. Lalu, usahakan untuk memisahkan makanan matang dan mentah saat berbelanja. Hal ini dilakukan agar ngga terjadi kontaminasi silang atau bepindahnya bakteri dari makanan mentah ke makanan yang akan kamu konsumsi.

Pastikan memasak daging-dagingan, telur, dan makanan laut sampai matang, ya! Makanan yang sudah kamu olah, sebaiknya ngga boleh dibiarkan pada suhu ruang selama lebih dari 2 jam. Hal ini dikarenakan memudahkan bakteri jahat tumbuh dengan cepat.

Terakhir, apabila ingin mengonsumsi makanan mentah seperti buah dan sayuran segar, cucilah terlebih dahulu dengan air mengalir. Nah, jika pemerintah atau badan kesehatan dunia secara resmi telah mengumumkan bahaya pada bahan pangan tertentu, pastinya harus dipatuhi, karena sudah pasti informasi yang diberikan valid.

Teman Sehat, itulah beberapa fakta-fakta bakteri Listeria yang perlu kamu ketahui. Mulai saat ini, yuk jaga hidup sehat agar terhindar dari bahaya berbagai penyakit di sekitar kamu. Stay healthy!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *