Nasi Minyak Viral, Simak Fakta Kesehatannya!

Belakangan ini, sedang ramai beredar video nasi minyak di media sosial. Apa sih nasi minyak itu? Singkatnya, nasi minyak yang viral beredar saat ini adalah menu makanan yang terdiri dari nasi, lauk, sambal, dan bumbu khusus yang telah dicampur dari minyak bekas menggoreng bebek.

Testimoni para penikmatnya mengatakan bahwa menu tersebut sangat enak dan patut dicoba. Nah, inilah yang membuat nasi minyak banyak menarik perhatian masyarakat. Apakah kamu salah satunya? Jika ya, mari simak beberapa fakta di balik nasi minyak tersebut. Check it out!

kesehatan nasi lemak viral
Foto: Pixabay.com

Apa yang membuat enak?

Minyak memiliki kandungan lemak. Minyak yang telah digunakan beberapa kali atau selanjutnya disebut minyak jelantah memiliki kandungan asam lemak jenuh yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan minyak baru. Nah, kandungan lemak tersebutlah yang bisa menciptakan rasa gurih. Makanya, nasi minyak ini bisa terasa sangat enak di lidah para penikmatnya. 

Apakah berbahaya?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, minyak jelantah memiliki kandungan asam lemak jenuh cukup tinggi. Konsumsi asam lemak jenuh berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol darah.

Tak hanya itu, minyak jelantah memiliki kandungan zat yang bersifat karsinogenik juga, loh. Zat karsinogenik dikenal dapat memicu pertumbuhan penyakit jantung dan kanker. Wah, ternyata dibalik rasa nasi minyak yang terkenal enak, terdapat risiko kesehatan yang tak boleh diabaikan ya, Sahabat Sehat. 

lemak pada tubuh manusia
Foto: Unsplash.com

Apa yang perlu diwaspadai?

Kandungan asam lemak jenuh yang tinggi apabila dibiarkan terus menerus tanpa kontrol dapat menyebabkan dislipidemia. Dislipidemia adalah kondisi di mana terjadi peningkatan kadar kolesterol total, Low Density Lipoprotein atau LDL atau yang sering disebut kolesterol jahat, dan trigliserida; atau terjadi penurunan pada High Density Lipoprotein atau HDL atau yang sering disebut kolesterol baik.

Perlu digarisbawahi, dislipidemia merupakan faktor risiko utama penyakit aterosklerosis, yaitu penyempitan pembuluh darah karena plak kolesterol yang menumpuk pada dinding pembuluh darah, yang selanjutnya dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah lainnya. 

Itulah beberapa fakta singkat mengenai nasi minyak yang sedang viral. Semoga dapat bermanfaat ya, Sahabat Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

CNBC Indonesia. (2023). Kuliner Nasi Minyak Lagi Viral, Waspadai Risiko Kesehatan Ini. [online]

Kemenkes RI. (2022). Sebuah Keterkaitan yang Tidak Bisa terabaikan untuk kita. [online]

Kemenkes RI. (2022). Plak Aterosklerosis: Mungkinkah Menyusut? [online]

Hedayatnia, M., Asadi, Z., Zare-Feyzabadi, R. et al. Dyslipidemia and cardiovascular disease risk among the MASHAD study population. Lipids Health Dis 19, 42 (2020). [online]

Lin, CF., Chang, YH., Chien, SC., Lin, YH., Yeh, HY. Epidemiology of Dyslipidemia in the Asia Pacific Region. International Journal of Gerontology 12, 1 (2018). [online]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.