Benarkah Berenang di Kolam Renang bisa Menyebabkan Hamil?

Teman Sehat, tahukah kamu mengenai berita yang sedang hits akhir-akhir ini? Yap, ada salah satu pernyataan yang menyatakan bahwa berenang bersama antara laki-laki dan perempuan di kolam renang bisa menyebabkaan hamil. Benarkah? Yuk, simak penjelasannya bersama di sini!

Yuk, cek kembali!

Kehamilan akan terjadi jika terjadi hubungan intim antar pasangan (laki-laki dan perempuan), yang disertai dengan masuknya sel-sel sperma ke rahim. Sel-sel ini akan berenang dan melintasi tuba fallopi (saluran telur) untuk menuju sel telur yang siap untuk dibuahi. Proses pembuahan yang terjadi, akan menyebabkan kehamilan pada perempuan.

Apakah pembuahan bisa terjadi di kolam renang?

Lalu bagaimana dengan isu pembuahan yang terjadi di kolam renang? Yap, terdapat beberapa alasan mengenai sel sperma dengan tempat tersebut, tapi justru berbanding terbalik dengan pernyataan yang diberikan. Yuk, simak penjelasannya!

Sel sperma ngga memiliki navigasi pergerakan yang baik,

Biasanya, sel sperma memiliki navigator yang bisa membantunya menemukan sel telur. Tapi, reseptor (penerima sinyal) ini hanya akan bekerja ketika sel ini, sudah sangat dekat dengan sel telur atau melalui hubungan intim. Reseptor ini ngga akan bekerja dalam keadaan jarak jauh, seperti hal nya kolam renang.

Sel sperma ngga bisa bertahan di kolam renang,

Kolam renang bukanlah lingkungan yang baik untuk sel ini. Sel sperma hanya akan bertahan sekitar 30-60 menit jika berada di lingkungan yang steril tanpa tercampur zat lainnya. Perlu kamu tahu, kalau di dalam kolam renang terdapat bahan kimia seperti klorin yang bersifat pembunuh kuman dan suhu air yang terlalu hangat. Keadaan ini akan menyebabkan sel ini ngga akan bertahan lama di lingkungannya, dan akhirnya akan mati.

Sel sperma ngga melaju cepat,

Kecepatan awal pada saat mengeluarkan sel ini, yaitu 10 mil per jam jika di luar air. Selain itu, sel sperma cuma bisa melakukan perjalanan sekitar 15-20 cm per jam. Tapi, dikarenakan kondisi air di kolam renang, sel ini sudah mati selama beberapa detik saja.

Nah, Teman Sehat itulah beberapa penjelasan mengenai pernyataan yang sedang hits saat ini. Yuk, lebih bijak dalam menerima informasi! Jangan lupa untuk selalu menyaring informasi yang kamu dapat sebelum menyebarkannya di ruang publik. Selain itu, jangan mudah memberikan provokasi di media sosial, ya! Yu, bijak bersosial media!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *