Covid-19 Menyerang Anak, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

covid-19 menyerang anak
Foto: Pixabay.com

Sahabat Sehat, kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia dalam 1 tahun ini masih mengkhawatirkan. Menginjak tahun kedua ini terjadi kemunculan varian baru virus Covid-19 jenis delta yang lebih cepat menginfeksi tubuh dibandingkan sebelumnya. Kini anak lebih rentan terserang virus Covid-19 baik dengan gejala ringan hingga berat.

Kamu perlu waspada mengenai penularan virus Covid-19 pada anak dengan mengenali penyebab, gejala, dan cara pencegahannya. Simak penjelasan berikut!

Penyebab Varian Covid-19 Baru Mudah Menyerang Anak

Menurut Kementerian Kesehatan RI, kejadian virus Covid-19 yang menginfeksi anak ditemukan pada wilayah dengan lonjakan kasus yang meningkat. Selain itu, vaksinasi untuk usia 18 tahun ke bawah memang belum masif dilakukan, sehingga kemungkinan penularannya cukup tinggi.

Berdasarkan penuturan spesialis penyakit menular pediatri University of California di Amerika Serikat, Erlinda Ulloa, anak-anak merupakan inang yang paling rentan terkena virus Covid-19 karena masih minimnya vaksinasi pada kelompok usia mereka. Tercatat 1 dari 8 orang mengkonfirmasi kasus Covid-19 terjadi pada anak, berdasarkan ungkapan Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Profesor Aman Bhakti Pulungan di katadata.co.id.

Tingkat kematian yang ditimbulkan bisa mencapai 3-5% dan jumlah kematian anak akibat Covid-19 di Indonesia merupakan tertinggi di dunia. Selama beberapa minggu terakhir, kasusnya terus meningkat dan paling banyak terjadi pada kelompok usia 7 sampai dengan 12 tahun.

Gejala Varian Covid-19 Menyerang Anak

Gejala yang ditimbulkan ngga jauh beda dengan gejala yang dirasakan orang dewasa, berikut gejalanya :

  1. Demam atau meriang,
  2. Batuk,
  3. Hidung tersumbat atau pilek,
  4. Kehilangan indra penciuman,
  5. Sakit tenggorokan,
  6. Kesulitan bernafas,
  7. Diare,
  8. Mual dan muntah,
  9. Sakit perut,
  10. Mudah lelah,
  11. Sakit kepala,
  12. Nyeri otot,
  13. Kehilangan nafsu makan, terutama bayi usia dibawah satu tahun.

Pencegahan Varian Covid-19 Menyerang Anak

covid-19 menyerang anak
Foto: Pixabay.com

Sahabat Sehat tetaplah tenang, walaupun ini bukanlah kasus ringan karena percepatan penyebaran varian delta yang tak terduga. Ajarkan anak untuk selalu menerapkan 5M, yaitu memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir setelah memegang barang dan sebelum memegang makanan, menjaga jarak dari orang lain, mengurangi mobilitas dengan ngga bermain keluar rumah, dan menjauhi kerumunan.

Penerapan 5M juga perlu dipatuhi orang sekitar terutama keluarga, sebagai contoh anak untuk bisa mempraktikannya. Selain itu meski vaksinasi anak masih terbatas, pastikan orang disekitar anak sudah divaksin untuk mengurangi risiko anak tertular.

Jadi, demikianlah penyebab, gejala, dan cara pencegahan varian Covid-19 yang menyerang anak. Tetaplah waspada dan sebarkan informasi yang tepat untuk orang disekitarmu.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

Arbar, TF. 2021. Bunda Waspada, Anak Kini Rentan Tertular Covid Gejala Berat. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20210420084121-33-239134/bunda-waspada-anak-kini-rentan-tertular-covid-gejala-berat. Diakses pada 7 Juli 2021.

Nabila, Ardela. 2021. Kasusnya Meningkat! Kenali 13 Gejala Corona pada Anak-Anak. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5615416/kasusnya-meningkat-kenali-13-gejala-corona-pada-anak-anak. Diakses pada 7 Juli 2021.

Tobing Sorta. 2021. Covid-19 Banyak Serang Anak-Anak, Apa Penyebabnya? https://katadata.co.id/sortatobing/berita/60d5a5fe3c028/covid-19-banyak-serang-anak-anak-apa-penyebabnya.

Related Posts

    1. Bener banget, jangan disepelekan tapi jangan terlalu panik.
      Stay positive and stay healthy, Sahabat Sehat 🙂

    1. Orang tua wajib tau nih, buat lindungi buah hatinya juga.
      Stay safe and stay healthy, Sahabat Sehat Valdi 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.