Siapkan 3 Suplemen Ini Saat Anak Isolasi Mandiri!

Sahabat Sehat, penularan dan kematian anak-anak akibat COVID-19 mengalami peningkatan tajam di tengah lonjakan kasus harian COVID-19 akhir-akhir ini. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan bahwa terdapat 12,5% anak Indonesia berusia 0 – 18 tahun yang terkonfirmasi COVID-19 dengan tingkat kematian 3-5%, menjadikannya tingkat kematian anak tertinggi di dunia. 

Penuhnya fasilitas pelayanan kesehatan membuat isolasi mandiri menjadi opsi utama saat anak terjangkit COVID-19. Selama menjalani isolasi mandiri, terdapat tiga suplemen yang dianjurkan IDAI untuk dipersiapkan, yaitu vitamin C, vitamin D, dan zink. Yuk, simak penjelasan berikut!

suplemen untuk anak selama isolasi mandiri
Foto: Freepik.com

Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang memiliki banyak peran dalam sistem imun manusia. Salah satunya, vitamin C membantu mengatur pematangan dan fungsi sel imun. Selain itu, vitamin C turut berperan meningkatkan proliferasi limfosit dan produksi interferon yang bersifat antivirus. Vitamin C  juga diketahui bisa mengurangi durasi dan meringankan gejala common cold, seperti pada pilek atau selesma. Oleh karenanya, apabila anak kekurangan vitamin C,  imunitas tubuhnya bisa terganggu.

Supaya imunitas anak terjaga, anak disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C dengan dosis berikut:

  • 1 – 3 tahun: maksimal 400 mg/hari
  • 4 – 8 tahun: maksimal 600 mg/hari
  • 9 – 13 tahun: maksimal 1200 mg/hari
  • 14 – 18 tahun: maksimal 1800 mg/hari

Tapi tetap ingat, ya, Sahabat Sehat, konsumsi vitamin C yang terlalu banyak justru dapat menimbulkan efek samping seperti sakit perut dan diare, loh!

Vitamin D

Selain berperan bagi kesehatan tulang, rupanya vitamin D juga berperan dalam pengaturan sistem imun tubuh. Dalam melawan penyakit menular, vitamin D menginduksi produksi peptida antimikroba, meningkatkan produksi sitokin anti-inflamasi, dan menekan sitokin proinflamasi. Dengan begitu vitamin D mampu membantu melawan badai sitokin yang terjadi pada anak dengan COVID-19. Anak yang kekurangan vitamin D lebih berisiko mengalami infeksi saluran pernapasan.

Supaya imunitas anak terjaga, sesuai ketentuan IDAI anak disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D dengan dosis sebgai berikut:

  • < 3 tahun: 400 IU/hari
  • Anak: 1000 IU/hari
  • Remaja: 2000 IU/hari
suplemen untuk anak selama isolasi mandiri
Foto: Freepik.com

Zink

Zink merupakan zat gizi mikro yang berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh manusia. Zink membantu melawan infeksi dengan mengaktivasi respons imun antivirus. Sebagai zat anti-inflamasi dan antioksidan, zink mampu menurunkan risiko kerusakan organ sekunder sebagai dampak dari inflamasi akibat COVID-19.

Selain itu, zink juga bisa menurunkan durasi demam dan keparahan penyakit pada anak-anak dengan pneumonia. Kekurangan zink pada anak diketahui berhubungan dengan risiko morbiditas saluran pernapasan yang meningkat. IDAI menyarankan supaya anak dengan COVID-19, mengonsumsi suplemen zink selama 14 hari dengan dosis 20 mg/hari. 

Sahabat Sehat, meskipun ketiga suplemen tersebut diketahui bisa meningkatkan imunitas tubuh melawan COVID-19, konsumsi vitamin atau mineral yang berlebih justru akan menyebabkan efek samping yang berbahaya bahkan bisa mengganggu proses pengobatan, loh. Oleh karenanya, sebelum mengonsumsi suplemen tersebut, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan tenaga kesehatan terlebih dahulu, ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

Costagliola, G., Spada, E., Comberiati, P., dan Peroni, D.G. 2021. Could nutritional supplements act as therapeutic adjuvants in COVID-19? Italian Journal of Pediatrics, 47(32). https://doi.org/10.1186/s13052-021-00990-0 

Ikatan Dokter Anak Indonesia. 2021. Buku Diary Panduan Isolasi Mandiri Anak dengan COVID-19. https://www.idai.or.id/tentang-idai/pernyataan-idai/buku-diary-panduan-isolasi-mandiri-anak-dengan-covid-19. Diakses pada 9 Juli 2021. 

Murni, I.K., Prawirohartono, E.P., dan Triasih, R. 2021. Potential Role of Vitamins and Zinc on Acute Respiratory Infections Including Covid-19. Global Pediatric Health, 8:1-8. https://doi.org/10.1177/2333794X211021739 

Related Posts

  1. thx u kak Cut, bermanfaat sekali. Boleh dapat info apakah ada yang satu paket kapsul atau tablet ketiga zat gizi tsb? salam. sukses dan sehat selalu ya kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.