Free Sugar? Jenis Gula Apa Ya?

Teman Sehat, suka minum atau makan yang manis-manis? Rasa manis yang ada di makanan dan minuman yang kamu konsumsi, bisa disebabkan oleh dua hal, yaitu alami dari bahan pangan dan disebabkan penambahan zat pemanis (free sugar). Rasa manis alami dari bahan pangan, bisa didapatkan dari sayur dan buah. Sedangkan free sugar, bisa didapatkan dari gula pasir, madu, konsentrat buah, dll. Tapi, apa bedanya ya? Padahal keduanya berasal dari bahan pangan? Kamu mau tau? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Gula termasuk zat gizi karbohidrat, loh!

Sebelum membahas tentang free sugar, kamu perlu tau, kalau gula termasuk ke dalam kelompok zat gizi karbohidrat. Karbohidrat terdiri dari beberapa unit zat terkecil, yaitu monosakarida, contohnya glukosa, fruktosa (gula buah), galaktosa, dll. Jika monosakarida bergabung menjadi dua unit, namanya disakarida, contohnya, sukrosa (gula tebu/gula pasir), laktosa (gula susu), dll. Ada juga gula alkohol (poliol), contohnya sorbitol, mannitol, xylitol, dll.

Definisi gula

Ada beberapa definis gula menurut beberapa organisasi Internasional, seperti WHO dan USDA, yaitu:

  1. Total sugar (Gula total), yaitu semua monosakarida dan disakarida yang ada di makanan dan berasal dari semua sumber bahan pangan. Biasanya total gula, dinyatakan dalam bentuk sukrosa (gula pasir/table sugar), tapi yang dimaksud total gula adalah seluruh gula yang ada di makanan.
  2. Added sugar (Gula tambahan), yaitu gula yang ditambahkan pada makanan dan minuman selama proses memasak di rumah. Contohnya, madu, molase (tetesan tebu), konsentrat jus buah, gula merah, high fructose syrup (HFS/gula cair).
  3. Free sugar, yaitu semua gula (monosakarida dan disakarida) yang ditambahkan ke dalam makanan saat memasak, oleh pabrik pengolahan makanan atau konsumen, dan juga termasuk gula alami yang ada pada madu, HFS dan jus buah.
  4. Extrinsic sugar (Gula yang berasal dari luar), yaitu gula yang berasal dari luar struktur sel makanan/bahan pangan. Gula ditambahkan saat memasak atau membuat jus.
  5. Non-milk extrinsic sugar (NEMS/Gula tambahan yang bukan berasal dari susu), yaitu gula yang ditambahkan pada susu, tapi ngga termasuk gula susu alami (laktosa)
  6. Intrinsic sugar (Gula yang berasal dari dalam), yaitu gula yang berasal dari dalam struktur sel makanan/bahan pangan. Biasanya yang berasal dari buah dan sayur utuh.

Apa ya, bedanya aded sugar dan free sugar?

Kamu pasti bingung kan, contoh gula yang ada di added sugar, ternyata termasuk free sugar. Jadi apa bedanya ya? Menurut Jim Man, added sugar adalah istilah yang digunakan di beberapa negara, termasuk US untuk menyatakan free sugar.

Secara istilah, added bermakna gula yang ditambahkan selama proses memasak atau di meja. Jadi keduanya sama saja, walaupun secara definisi added sugar gula yang ditambahkan  saat proses pengolahan di rumah, sedangkan free sugar ditambahkan saat di pabrik pengolahan makanan. Walaupun hampir sama, penggunaan istilah yang lebih tepat adalah free sugar.

Kenapa konsentrat jus buah termasuk  free sugar?

Nah, kenapa jus buah konsentrat termasuk ke dalam free sugar? Karena konsentrat jus buah udah melalui proses pengolahan, seperti penghancuran dan penyaringan, sehingga sebagian zat gizi seperti serat, vitamin, dll berkurang kandungannya. Sedangkan buah atau sayuran utuh, kandungan alami zat gizinya masih utuh dan manfaat yang didapatkan saat mengonsumsinya akan lebih banyak didapatkan. Seperti serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Gimana ya, cara konsumsi gula yang baik?

Teman Sehat, ngga bisa dipungkiri kalau hampir semua makanan dan minuman yang ada di pasaran mengandung free sugar. Tapi, kamu jangan negatif thinking dulu, karena gula yang ditambahkan biasanya memiliki tujuan tertentu, seperti untuk penambah rasa, tekstur atau struktur dan daya simpan produk tersebut.

Menurut WHO konsumsi gula yang harus dibatasi adalah konsumsi free sugar, karena jika konsumsinya berlebih, maka akan menyebabkan beberapa resiko penyakit seperti karies gigi, kegemukan, dan diabetes. Tapi, hal ini jangan sampai membuat kamu mengurangi semua makanan yang mengandung gula, big no! Karena tubuh kamu juga butuh gula sebagai sumber energi. Menurut WHO, kamu dianjurkan mengonsumi free sugar kurang dari 10%  dari total energi. Jika total energi kamu 2000 Kal, maka gula yang dibutuhkan /gram nya adalah 50 g (1 g gula = 4 Kal).

Yuk, tetap sehat dengan mengatur pola makan kamu! Kamu boleh makan yang manis, tapi jagan berlebihan ya! Ingat, konsumsi makanan yang berkalori tinggi hanya dari satu sumber makanan, ngga baik loh buat tubuh! Jadi, kamu harus mengonsumsi bervariasi makanan, agar kebutuhan zat gizi dan kalori kamu tercukupi.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *