Hepatitis Itu Ngga Cuma Satu, Apa Saja Jenisnya?

hepatitis dan jenis-jenisnya
Foto: Freepik.com

Siapa diantara Sahabat Sehat yang belum tahu dengan penyakit hepatitis? Yap, masalah kesehatan yang satu ini memang masih menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi dunia termasuk Indonesia. Uniknya penyakit ini punya nama yang sesuai dengan nama virus penyebabnya, loh!

Apa Itu Hepatitis?

Hepatitis merupakan penyakit radang pada hati yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini dikategorikan menjadi 2 kategori, yakni hepatitis akut dan kronis. Suatu penyakit dikatakan akut ketika gejala muncul secara tiba-tiba, sedangkan dikatakan kronis ketika penyakit tersebut telah diderita dalam waktu yang lama bisa berbulan-bulan bahkan hingga dalam hitungan tahun. Definisi ini juga berlaku untuk penyakit hepatitis ya,  Sahabat Sehat!

Tapi, tau kah kamu? Ternyata Hepatitis ini ngga hanya jenis loh! Ngga cuma 2 jenis, tapi  penyakit hati ini digolongkan menjadi 5 jenis berdsarkan virus penyebabnya. Apa aja, sih? Yuk, dibaca sampai akhir!

apa saja jenis hepatitis
Foto: Freepik.com

Jenis Hepatitis

Hepatitis A
Sesuai namanya, penyakit ini disebabkan oleh Virus Hepatitis A (HAV) dan bisa menyebabkan sakit yang ringan hingga berat. Tak jarang penyakit ini menimbulkan terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) atau wabah karena bisa menular dengan mudah. Penyakit ini biasanya muncul karena sanitasi yang buruk dan kurangnya kebersihan diri.

Hepatitis B
Hepatitis ini disebabkan oleh virus HBV. Hepatitis B biasanya ditularkan melalui darah dan cairan tubuh. Seseorang bisa terinfeksi HBV ketika menggunakan jarum suntik yang sama dengan penderita, selain itu juga bisa menular akibat adanya kontak melalui hubungan sesksual dengan penderita.

Hepatitis C
Dari lima jenis hepatitis, hepatitis C dipercaya bisa menimbulkan dampak yang paling parah diantara virus hepatitis lainnya dan menjadi penyebab utama kanker hati. Ini dikarenakan masih banyak orang yang ngga tahu saat sudah terinfeksi virus ini, biasanya baru akan sadar ketika kondisi sudah memburuk dan terjadi akibat yang fatal pada organ hati.

Hepatitis D
Seseorang akan menderita hepatitis D jika ia sedang menderita hepatitis B. Hepatitis ini hanya akan terjadi bersamaan atau sebagai superinfeksi dari HBV, karena HDV membutuhkan HBV untuk replikasinya.

Hepatitis E
Virus Hepatitis E (HEV) menjadi virus yang paling umum dari virus hepatitis lainnya, dan paling sering ditemui di dunia terutama pada negara berkembang. Biasanya hepatitis E ini ditularkan ketika seseorang mengonsumsi air atau makanan yang telah terinfeksi.

Wah, ternyata ada banyak jenis hepatitis dan ngga hanya satu ya, Sahabat Sehat. Hal ini penting untuk diketahui karena masing-masing memiliki penyebab yang berbeda, sehingga dalam pencegahannya nanti akan memiliki cara yang berbeda juga.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Alhawaris. 2019. Hepatitis C: Epidemiologi, Etiologi, dan Patogenitas. Jurnal Sains Kesehatan 2(2):139-150.
https://jsk.farmasi.unmul.ac.id/index.php/jsk/article/view/132/111

Laila NH, Mahkota R, Sariwati E, Setiabudi DA. 2018. Faktor Risiko Terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) Hepatitis A di Kabupaten Tangerang Tahun 2016. Jurnal Epidemiologi Kesehatan Indonesia 2(1):1-6.
https://journal.fkm.ui.ac.id/epid/article/view/3099/pdf

Webb GW, Dalton HR. 2019. Hepatitis E: an underestimated emerging threat. SAGE Journals- Therapeutic Advances in Infectious Disease.
https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/2049936119837162

Hepatitis D. 2020. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hepatitis-d
Diakses pada 11 Juli 2021.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.