Ini loh, Asam Amino Essensial yang Terdapat di Ikan!

Teman Sehat, tau ngga sih kalau zat gizi asam amino essensial dibutuhkan oleh tubuh? Yap, walaupun jumlah yang dibutuhkan ngga banyak, tapi zat gizi ini dibutuhkan loh, dalam proses tumbuh kembang tubuh.

    

Tapi sayangnya, zat gizi ini ngga bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga kamu perlu mengonsumsi bahan pangan yang mendandung zat gizi ini. Kamu bisa memperolehnya dari sumber protein nabati dan hewani. Tapi jika dibandingkan, kandungan asam amino esensial produk hewani lebih tinggi daripada nabati, salah satunya ikan.

Kamu mau tau asam amino esensial apa aja yang terkandung di dalam ikan dan manfaatnya bagi tubuh? So, let’s check it out!

1. Lycine

Zat gizi lycine, merupakan salah satu jenis asam amino essensial yang terdapat pada makanan yang memiliki kandungan protein tinggi, seperti ikan. Lycine bermanfaat untuk membantu pembentukan kolagen, jaringan otot, dan pusat produksi hormon pertumbuhan.

2. Phenylalanine

Zat gizi phenylalanine, merupakan salah satu jenis asam amino essensial yang membantu pembentukan katekolamin. Zat katekolamin berfungsi untuk meningatkan kewaspadaan saat pengiriman pesan ke sistem saraf. Selain itu, phenylalanine juga berfungsi meningkatkan daya ingat, mood, fokus mental, dan bisa membantu menekan nafsu makan.

3. Methionine

Zat gizi ini, punya banyak manfaat, loh! Seperti menurunkan kadar kolestrol darah, membuang racun pada organ hati, dan membentuk regenerasi jaringan baru pada ginjal dan hati.

Selain terkandung di dalam daging ikan, ternyata methionine terkandung dalam susu serta hasil olahannya, sayuran, kacang-kacangan, daging ayam dan daging sapi

4. Threonine

Threonine merupakan zat gizi yang terdapat pada ikan, susu, maupun biji wijen. Manfaat zat gizi ini yaitu membantu memperkuat tulang dan gigi.

Nah gimana Teman Sehat? udah tau kan ternyata ada 4 zat gizi asam amino essensial yang terkandung di dalam daging ikan dan bermanfaat bagi tubuh kamu? Jadi, yuk mulai sekarang lebih sering mengonsumsi ikan dan jadikan Indonesia sebagai negara dengan konsumsi ikan terbanyak!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

sumber gambar :

https://pixabay.com/id/salmon-ikan-makanan-laut-3139390/ (ikan)

https://pixabay.com/id/peregangan-otot-pelari-atlet-wanita-579122/ (jaringan otot)

https://pixabay.com/id/gigi-dokter-gigi-mulut-lisan-1652976/ (pertumbuhan gigi)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *