Menjajaki Kuliner Kaki Lima di Suryakencana, Bogor

Ngga terasa sudah memasuki akhir pekan lagi nih, Sahabat Sehat. Pastinya kurang lengkap kalau liburan tanpa ditemani kuliner yang mengguggah selera. Kali ini, linisehat akan mengajak kamu menelusuri jajanan legendaris di Jalan Suryakencana, Bogor. Ada apa saja? Berikut ini ulasannya!

jajanan suryakencana, bogor
Foto: linisehat/Anjas Febrianto & Rivaldi Chandra

“Bir” Sehat tanpa Alkohol

Kira-kira apa yang terlintas di benak Sahabat Sehat saat mendengar kata bir? Yap, mengandung alkohol dan memabukkan. Tapi berbeda dengan bir pada umumnya, minuman yang sudah eksis sejak tahun 1965 ini, dijamin ngga akan membuat kamu merasa pening apalagi hilang kesadaran. Justru sebaliknya, kandungan rempah di dalamnya bisa bikin badan kamu jadi lebih segar dan sehat.

Berbahan baku jahe, cengkeh, kayu manis, dan gula aren, minuman yang juga dikenal sebagai “bir penganten” ini memiliki beberapa manfaat kesehatan. Daintaranya mengatasi hidung tersumbat, menghilangkan rasa mual, serta meredakan sakit perut dan peradangan. Belum lagi tingginya kandungan antioksidan yang membuat minuman ini berpotensi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Lumpia Basah

Jajanan khas Jawa Barat yang sempat menjadi hits di media sosial ini, juga bisa kamu temukan di jalan Suryakencana. Perpaduan rasa gurih dan manis membuat camilan ini banyak menarik minat pengunjung. Uniknya lagi, proses pengolahannya juga masih menggunakan arang, loh Sahabat Sehat!

lumpia basah suryakencana kota bogor
Foto: linisehat/Anjas Febrianto & Rivaldi Chandra

Pemilik usaha lumpia basah legendaris ini mengaku masih setia menggunakan arang, karena aroma yang diberikan berbeda dengan masakan yang diolah dengan kompor gas. Aroma khas inilah yang menjadi salah satu alasan pengunjung rela mengantre untuk bisa mencicipinya.

Ternyata, aroma ini bisa muncul karena saat memasak menggunakan arang suhu yang digunakan lebih tinggi dibandingkan ketika menggunakan kompor gas. Alhasil, makanan akan memiliki aroma smokey atau berasap yang cukup kuat.

Sate Taichan

Foto: linisehat/Anjas Febrianto & Rivaldi Chandra

Nah, kalau jajanan “bakar-bakaran” ini bisa kamu temui saat malam hari. Angkringan yang menyuguhkan aneka sate ini siap membuat kamu kebingungan. Pasalnya, jenis sate yang disajikan sangatlah beragam, mulai dari sate seafood, sosis, bakso, potongan ayam dan tentunya sate taichan yang menjadi ciri khasnya. Hanya dengan mengeluarkan budget mulai dari Rp3.000,00 kamu sudah bisa menikmati satu tusuk sate yang bebas kamu pilih sendiri. Jadi, Sahabat Sehat mau coba sate yang mana nih?

Itulah beberapa jajanan yang bisa kamu temui di Suryakencana, Bogor. Jangan lupa untuk mampir, kalau kamu sedang berada di sekitar wilayah tersebut. Nantikan episode linistory berikutnya, ya!

Referensi

Ryadha, R., N. Aulia,dan  A. Batara. 2021. Potensi Rempah-Rempah sebagai Minuman Fungsional Sumber Antioksidan dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial Budaya dan Sains (ABDI). 3(1):1-10. https://journal.unhas.ac.id/index.php/kpiunhas/article/view/12578

Compass WebMD. 2019. Spices and Herbs That Can Help You Stay Healthy. https://www.webmd.com/healthy-aging/features/spices-and-herbs-health-benefits#1 Diakes pada 3 Desember 2021

Ghorbani, M., Najafi Saleh, H., Barjasteh-Askari, F., Nasseri, S., & Davoudi, M. 2020. The effect of gas versus charcoal open flames on the induction of polycyclic aromatic hydrocarbons in cooked meat: a systematic review and meta-analysis. Journal of environmental health science & engineering, 18(1), 345–354. https://doi.org/10.1007/s40201-020-00457-0

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.