Inilah 6 Tips Menjaga Kesehatan Mental bagi Remaja!

Teman Sehat, tahukah kamu bahwa selain menyerang fisik, pandemi Covid-19 juga memengaruhi kesehatan mental seseorang? Yap, salah satunya kelompok remaja. Ditutupnya sekolah, ditiadakannya beberapa acara, bahkan dibatalkannya seremoni kelulusan. Nah, hal ini ternyata bisa meningkatkan risiko kesehatan mental, akibat perasaan cemas dan kecewa yang dirasakan. Lalu, gimana ya cara menjaganya? Yuk, simak!

1. Pahami, bahwa keadaan ‘cemas’ adalah wajar

  • Jika kamu merasakan keadaan cemas karena berita yang mengkhawatirkan, itu adalah hal yang wajar, ya. Hal ini dikarenakan, keadaan ini memang seharusnya dirasakan, karena cemas merupakan fungsi normal untuk mengingatkan diri, akan adanya ancaman dan membantu mengambil tindakan perlindungan diri.
  • Pastikan sumber informasi seputar Covid-19 berasal dari sumber yang akurat dari sumber terpercaya dan melakukan pencegahan yang dianjurkan. Membaca berita dari sumber yang ngga jelas, bisa menambah kecemasan dan kekhawatiran.
  • Jika merasa mengalami gejala yang berhubungan dengan Covid-19, seperti ngga enak badan segera beri tahu orang tua, sehingga bisa langsung diberikan tindakan.

2. Carilah kesibukan lain

Dalam publikasi yang dituliskan pada laman website UNICEF, mengatakan bahwa ketika kelompok remaja berada dalam kondisi yang sangat sulit, identifikasilah masalah yang ada pada dirimu menjadi dua kategori, yaitu hal-hal yang bisa dikendalikan dan ngga bisa dikendalikan.

Setelah kamu mengidentifikasinya, fokuskanlah pada kategori ke dua. Kamu bisa mengalihkan hal-hal yang ngga bisa kamu kendalikan dengan melakukan hobi yang disukai, melakukan pekerjaan rumah, menonton film kesukaan, dan kegiatan lainnya. Beberapa hal ini, akan membantu kamu menemukan keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Manfaatkan teknologi terkini untuk berkomunikasi

Penggunaan media sosial merupakan salah satu cara kelompok remaja untuk berkomunikasi dengan temannya di tengah kondisi physical distancing. Kamu bisa mengoptimalkan aplikasi Whatsapp, Facebook, Instagram, Zoom, dan sebagainya untuk melepas rindu bersama teman-teman.

Jika dilihat dari sisi lainnya, ternyata media sosial juga bisa digunakan untuk bersosialisasi dengan cara yang bermakna dan mendukung, seperti membuat diskusi maupun permainan secara virtual. Tapi ingat, mengakses media sosial tanpa batas bukan hal yang bagus, Teman Sehat. So, jangan lupa atur dan diskusikan penggunaannya dengan orang tua, ya!

4. Fokuslah pada diri sendiri

Berfokus pada diri sendiri, bukan berarti kamu acuh dengan lingkungan sekitar, ya! Sejenak rehat dari informasi yang membuat kalian cemas dengan mengoptimalkan kegiatan yang kamu lakukan adalah hal yang baik, Teman Sehat!

Hal ini akan melatih kelompok remaja menjadi lebih produktif untuk menjaga kesehatan mental. Contohnya seperti, belajar melakukan sesuatu yang baru, memulai membaca buku, atau menghabiskan waktu untuk berlatih alat musik.

5. Rasakan apa yang terjadi

Perasaan kecewa karena kehilangan kesempatan untuk mengikuti acara bersama teman atau menyalurkan hobi adalah yang yang menjengkelkan. Dalam publikasinya, UNICEF menyarankan untuk membiarkan kamu merasakan apa yang terjadi.

Hal ini dikarenakan, kegiatan ini akan membantu kamu mengatasi rasa kecewa yang dialami. Tapi, jika perasaan ini ngga bisa kamu kendalikan, ungkapkanlah pada orang terdekatmu agar bisa membantu menyelesaikannya.

6. Berbuat baiklah pada diri sendiri dan orang lain

Ada beberapa remaja mengalami intimidasi dan pelecehan di sekolah karena adanya pandemi ini. Mereka yang menjadi target, sebaiknya ngga disarankan untuk melawannya, tapi doronglah untuk mencari bantuan dan dukungan dari teman atau orang dewasa dalam membantu proses penyelesaiannya.

Nah, Teman Sehat sekarang kamu sudah paham, kan cara menjaga kesehatan mental selama pandemi ini? Jangan lupa untuk selalu mendukung orang-orang yang ada di sekitarmu, ya. Semoga bermanfaat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *