Bolehkah Kembali Berolahraga setelah Melahirkan?

Teman Sehat, melakukan aktivitas fisik secara teratur bermanfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Manfaat ini bisa dirasakan siapa saja termasuk ibu yang baru melahirkan. Namun, apakah berolahraga setelah melahirkan membutuhkan aturan tertentu? Kira-kira kapan dan seperti apa olahraga yang cocok untuk ibu setelah melahirkan? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Mengapa penting?

Seperti yang telah disebutkan bahwa olahraga memiliki manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Bagi ibu yang baru melahirkan, manfaat spesifik yang bisa didapat yaitu:

woman in white red and green floral shirt

  • Memperkuat  otot perut
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Menghilangkan stres
  • Membantu menurunkan berat badan.

Menurut studi tahun 2017, latihan aerobik ringan hingga sedang selama periode postpartum (setelah melahirkan) bisa memperbaiki gelaja depresi ringan hingga sedang

Bagaimana memulainya?

Jenis kehamilan dan cara melahirkan merupakan hal utama yang harus dipertimbangkan saat ingin memulai kembali berolahraga. Jika ketika hamil dan melahirkan ibu dalam kondisi sehat, maka olahraga bisa dimulai ketika ibu merasa siap. Kesiapan olahraga dilakukan secara bertahap dan dinaikkan intensitasnya sesuai kemampuan.

time lapse photography of man and girl running

Kalau ibu melahirkan dengan cara operasi caesar atau mengalami kondisi kesehatan khusus, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk menentukan waktu yang aman memulai olahraga. Umumnya, anatomi dan fisiologi tubuh perempuan kembali 6-8 minggu setelah melahirkan.

Kamu bisa memulai melakukan olahraga dengan intensitas rendah seperti aerobik ringan, berjalan kaki, serta latihan memperkuat otot perut. Waktu berolahraga pun bisa ditingkatkan seiring dengan kesiapan tubuh.

Olahraga jenis apa?

Roselyn Reilly, seorang trainer di Fit Body Boot Camp of Berkley, menyatakan bahwa hal yang paling penting saat periode setelah melahirkan adalah mengembalikan kekuatan core/dasar tubuh. Fokus latihan yang direkomendasikan  adalah bagian tubuh diafragma, otot perut, dan panggul dasar. Beberapa latihan yang dimaksud diantaranya adalah:

three women kneeling inside building at daytime

  • Latihan panggul dasar

Berikut merupakan cara-cara mudah dan sederhana latihan panggul dasar untuk ibu setelah melahirkan:

  1. Kencangkan otot panggul dasar atau otot yang digunakan jika menahan aliran buang air kecil
  2. Tahan selama 10 detik
  3. Ulangi latihan
  • Melatih pernapasan diafragma

Latihan ini bisa dimulai beberapa hari setelah ibu melahirkan. Ibu hanya perlu meluangkan waktu beberapa menit untuk fokus bernafas sehingga menimbulkan efek rileks, mengurangi stres, dan membuat stabil core tubuh. Latihan bisa dilakukan dengan duduk atau berbaring.

Wanita, Relaksasi, Potret, Rekreasi, Gaya Hidup

  1. Berbaring di atas lantai atau matras yoga, fokus melepaskan ketegangan di tubuh
  2. Letakkan satu tangan di dada dan tangan lain di perut
  3. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung. Perut akan mengembang, tapi dada harus tetap diam. Tarik napas selama 2-3 detik
  4. Buang napas perlahan. Letakkan tangan seperti langkah nomor 2
  5. Ulangi beberapa kali selama 2-3 menit
  • Berjalan

Selama hamil, kegiatan berjalan sangat direkomendasikan karena jenisnya yang ringan. Manfaat yang bisa didapatkan yaitu melatih kekuatan lutut, pergelangan kaki, serta pernapasan. Setelah melahirkan, ibu bisa melakukannya sambil mendorong si kecil dalam stroller. Jika fisik sudah semakin kuat, ibu bisa berhenti setiap 10-15 menit dan melakukan squat.

Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat berolahraga setelah melahirkan dan jenis-jenisnya. Penting untuk berkonsultasi ke dokter, mencari pelatih olahraga terpercaya, dan memahami kesanggupan tubuh. Jangan lupa bagikan informasi menarik ini ke orang-orang sekitar kamua, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *