Manfaat Angkat Beban bagi Kesehatan  

Halo Sahabat Sehat! Tubuh yang bugar dan sehat adalah impian bagi setiap orang. Olahraga angkat beban adalah salah satu aktivitas penyokong untuk mewujudkannya. Nah, keuntungan apa saja yang menarik dan bisa diperoleh dari aktivitas fisik yang satu ini?

Mengapa latihan beban semakin diminati?

Meningkatnya pengetahuan masyarakat terhadap pola hidup sehat menjadikan angkat beban sebagai salah satu olahraga pilihan. American College of Sports Medicine menyatakan bahwa angkat beban termasuk dalam strength training.

latihan angkat beban
Foto: Pexels.com

Strength training adalah aktivitas fisik yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan atau kebugaran otot melalui cara melatih otot melawan tahanan ekstenal, seperti mesin beban, barbel, berat badan sendiri dan lainnya. Lambat laun, otot akan menyesuaikan diri hingga membuat otot menjadi lebih kuat dan merangsang pertumbuhan otot.

Strength training melibatkan berat badan dan bantuan peralatan mandiri untuk membangun massa otot, daya tahan, dan kekuatan. Rutinitas latihan bisa dilakukan oleh segala usia guna membantu mencegah hilangnya massa otot tanpa lemak yang hilang secara normal akibat proses penuaan. Menguntungkan juga bagi seseorang yang memiliki penyakit kronis, misalnya obesitas, radang sendi, dan gangguan jantung.

Dahsyatnya manfaat angkat beban

Angkat beban ngga hanya fokus dengan kekuatan otot, melainkan juga mempunyai sisi lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut di antaranya.

manfaat rutin lakukan latihan angkat beban
Foto: Freepik.com

Jadi Lebih Kuat

Angkat beban menjadikan kamu lebih kuat melakukan kegiatan sehari-hari. Contohnya saat membawa barang belanjaan yang berat hingga berlarian dengan anak. Bagi atlet, angkat beban bisa menambah kemampuan yang membutuhkan ketangkasan, tenaga, dan kekuatan sampai menjaga massa otot.

Bakar kalori

Latihan angkat beban mampu membakar kalori secara efisien melalui peningkatan metabolisme hingga 72 jam sesudahnya. Kalori bisa terbakar dalam waktu berjam jam dan berhari-hari. Selain itu, lemak perut akan berkurang, terutama lemak visceral yang dihubungkan dengan risiko penyakit jantung, perlemakan hati non-alkohol, diabetes tipe 2 dan jenis kanker tertentu. Tubuh akan menjadi lebih ramping.

Turunkan risiko cedera

Rutin melakukan latihan angkat beban juga bisa menurunkan risiko jatuh dan cedera. Hal ini dikarenakan tubuh bisa lebih mampu menopang diri. Angkat beban memberikan efek positif pada area persendian utama yakni lutut, pinggul, dan pergelangan kaki. Latihan secara teratur tentu akan lebih menguntungkan.

Jaga kesehatan jantung

Olahraga ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengendalikan kadar gula darah. Mekanismenya adalah dengan cara menurunkan tekanan darah, perlemakan (kolesterol total, LDL) dan meningkatkan sirkulasi peredaran atau aliran darah.

Manfaat lain yang bisa kamu rasakan adalah lebih bebas bergerak, fleksibilitas meningkat, kesehatan otak dan tulang terjaga dan pastinya kualitas hidup menjadi lebih baik. Sahabat Sehat bisa mulai melakukan angkat beban secara bertahap, baik jumlah beban yang akan kamu gunakan maupun pola gerakannya. Happy healthy!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Bubnis D. 2021. 14 Benefits of Strength Training. https://www.healthline.com/health/fitness/benefits-of-strength-training. Diakses 15 Desember 2022

Sara. 2018. Inilah 5 Manfaat Olahraga Angkat Beban. https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/sehat-bugar/inilah-5-manfaat-olahraga-angkat-beban. Diakses 15 Desember 2022

Every Day Healthy. Fitness. https://www.everydayhealth.com/fitness/add-strength-training-to-your-workout.aspx. Diakses 15 Desember 2022

Mayo Clinic. Weight training: improve your muscular fitness. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/weight-training/art-20047116. Diakses 15 Desember 2022

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.