Mata Panda Ganggu Penampilanmu? Atasi Dengan 6 Hal Ini!

Halo Teman Sehat! Pernahkah kamu mendengar istilah mata panda? Yap! Banyak dari kita yang sudah ngga asing dengan istilah ini. Mata panda adalah istilah yang menggambarkan lingkaran hitam di sekitar mata manusia, lingkaran tersebut menyerupai lingkaran hitam pada mata panda.

Lingkaran hitam pada mata seekor panda memang kelihatan lucu, tapi apabila lingkaran hitam ada di mata Teman Sehat, hal ini akan sangat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri? pastinya.

Mata panda bisa disebabkan oleh beberapa hal loh, seperti: kurang tidur, posisi tidur yang salah dan hidung tersumbat, faktor keturunan dan pigmen di daerah bawah mata, paparan sinar matahari, bengkak di bawah mata akibat penyakit, penuaan, kebiasaan menggosok mata terlalu, serta  kurang mengonsumsi air putih. Lalu, gimana sih cara mengatasinya?

1. Batasi aktivitas lain di tempat tidur yang membuat susah tidur

Lakukan pembatasan aktivitas lain di tempat tidur dengan cara mematikan ponsel, menutup buku, pekerjaan, tugas dan laptop 15 menit sebelum tidur. Hal ini akan memberi efek relax dan tenang untuk tidur sehingga tidur malammu –> malam kamu akan lebih baik. Hal ini sangat ampuh untuk –> buat mengatasi mata panda yang mengganggu penampilanmu.

2. Batasi konsumsi minuman mengandung kafein

Cobalah untuk membatasi minuman berkafein seperti kopi, teh dan beberapa minuman ringan lainnya pada saat 4 jam sebelum tidur. Hal ini akan mengurangi efek susah tidur dan mengatasi mata panda.

3. Konsumsi buah-buahan, air putih, dan kacang-kacangan

Mengunyah buah-buahan dan kacang-kacangan akan membuat kelopak mata terasa berat dan memberikan efek mengantuk. Kemudian ditambah konsumsi air putih akan membantu dalam mengatasi mata panda akibat kurang tidur.

4. Lakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang dilakukan akan memberikan efek lelah dan mengantuk di malam hari sehingga membuat mata akan lebih cepat beristirahat. Tapi jangan lakukan aktivitas fisik yang berat pada saat satu jam sebelum waktu tidur ya Teman Sehat!

5. Melakukan penanganan pada daerah lingkar hitam dan bengkak mata

Berikan pengobatan pada daerah bengkak dan hitam di sekitar mata dengan menggunakan gel yang memberi efek pendinginan dan mengurangi bengkak. Selain itu, bisa menggunakan irisan mentimun yang diletakkan di daerah kelopak mata yang tertutup selama 15 menit atau menggunakan kantong teh dingin yang diletakkan pada kelopak tertutup selama 10 menit.

6. Gunakan concealer untuk menutupi mata panda

Terlepas dari penyebab ‘mata panda’, yakinlah bahwa penggunaan make up secara bijaksana seperti concealer bisa menutupi mata panda dan memberikan efek penampilan yang lebih baik. Gunakan concealer dengan warna warna yang lebih ringan daripada warna kulit normalmu ke area bawah mata dengan menggunakan jari.

Yap! Itulah 6 cara mengatasi mata panda yang mengganggu penampilanmu. Bagaimana pendapatmu? Yuk, jangan lupa ditulis di kolom komentar ya!

Editor & proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *