Perlukah Konsumsi Banyak Protein saat Olahraga?

Teman sehat, protein merupakan salah satu zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Sebagian orang berpikir perlu banyak mengonsumsi protein saat berolahraga atau untuk mendukung pembentukan otot. Apakah itu benar? Nah, simak penjelasan berikut ini!

Peran protein

konsumsi protein saat berolahraga untuk pembentukan massa otot
Foto: Pixabay.com

Inilah beberapa peran protein saat melakukan olahraga:

  1. Protein untuk membangun massa otot. Orang-orang yang ingin membentuk massa otot bisa mengonsumsi protein sebanyak 1,5 gr/kg/hari selama program latihan daya tahan yang dilakukan. Jika konsumsi protein kurang akan mengalami penurunan pembentukan otot dan memperlambat perbaikan massa otot setelah aktifitas fisik
  2. Protein membantu dalam memperbaiki komposisi tubuh. Bedasarkan penelitian didapatkan bahwa konsumsi protein berpengaruh dalam penurunan persen lemak pada tubuh dan peningkatan massa tubuh tanpa lemak.
  3. Membantu dalam pemulihan dan memperbaiki jaringan yang rusak. Aktifitas fisik yang tinggi beresiko merusak jaringan otot pada tubuh. Konsumsi protein sesuai kebutuhan bisa mempercepat pemulihan jaringan otot tersebut setelah berolahraga.
  4. Protein juga mendukung terhadap kekuatan imunitas selama olahraga.

Hewani vs nabati

konsumsi protein hewani atau protein nabati
Foto: Pixabay.com

Protein yang dikonsumsi bisa berasal dari protein hewani dan protein nabati. Contoh sumber protein hewani yaitu daging, telur, susu sedangkan protein nabati berasal dari tumbuhan seperti kacang-kacangan dan hasil olahnnya (tahu, tempe).

Protein hewani dulu dianggap lebih memiliki kualitas tinggi karena lebih banyak mengandung asam amino. Namun, bedasarkan hasil penelitian terkini diketahui bahwa protein nabati memiliki kualitas sama baiknya dengan protein hewani asalkan makanan yang dikonsumsi beraneka ragam. Selain itu, protein hewani dan protein nabati memiliki asam amino esensial dan non esensial yang bisa saling melengkapi. Nah, penting juga mengkombinasikannya dalam menu seimbangmu!

Perlukah konsumsi banyak protein?

perlukah konsumsi banyak protein saat sedang berolahraga
Foto: Pixabay

Bebebrapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan protein seseorang yaitu jenis kelamin, usia, asupan energi, jenis latihan, durasi, intesitas latihan dan fase latihan. Secara umum kebutuhan protein seseorang adalah 10-15% dari total kebutuhan energi. Jika kamu ngga melakukan aktifitas fisik dalam intensitas tinggi layaknya atlet, kamu ngga perlu menambah jumlah konsumsi protein.

Seorang atlet atau olahragawan diwajibkan untuk makan banyak protein seperti daging, telur, ikan, dan ayam. Tapi, bedasarkan penelitian ditemukan bahwa konsumsi banyak (ekstra) protein ngga semerta-merta langsung meningkatkan pembentukan otot bila ngga diiringi dengan latihan secara rutin. Melakukan latihan secara intensif dan rutin lah kunci utama dalam membangun dan memperkuat otot.

Jika kamu mengonsumsi protein lebih banyak atau melebihi kebutuhanmu, justru akan memperberat kerja ginjal, loh! Konsumsi terlalu banyak protein hewani yang memiliki banyak kandungan lemak dan kolesterol, justru akan berisiko terhadap munculnya penyakit kardiovaskular, terlebih jika kamu jarang melakukan aktifitas fisik dan olahraga.

Teman sehat, itulah penjelasan terkait protein dan manfaatnya untuk tubuh terutama dalam pembentukan massa otot. Tentunya protein sangat dibutuhkan bagi tubuh terutama saat berolahraga. Tapi, kamu tetap perlu mengonsumsinya sesuai kebutuhan dan imbangi dengan konsumsi zat gizi lainnya dengan seimbang.

Editor & Poofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

Mirza Hapsari. 2019. Sistem Energi Antropometri dan Asupan Makan Atlet. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Khairuddin. 2016. Penerapan Ilmu Gizi dalam Aktivitas Olahraga. Padang : Sukabina Press

Anies Setiawati dan Hadi. 2013. Pengaruh Suplementasi Protein terhadap Komposisi Tubuh Atlet. Journal Unnes Media Ilmu Keolahragaan Indonesia Volume 3 No 2.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/miki/article/view/4375/3750

Sari, Novita. 2014 Protein dalam Nutrisi Olahraga. Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol. 13 (2).
http://digilib.unimed.ac.id/1387/1/Protein%20dalam%20nutrisi%20olahraga.pdf

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.