Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan Kuliner Merah Putih!

Halo, Teman Sehat! Bagaimana cara kamu merayakan hari Kemerdekaan Indonesia? Upacara dan mengibarkan bendera merupakan kegiatan rutin perayaan hari kemerdekaan. Tapi, pernahkah kamu merayakannya dengan menghidangkan makanan atau minuman khas berwarna merah dan putih? Berikut makanan berwarna merah putih yang bisa kamu sajikan. Yuk, simak di sini!

Nasi tumpeng

Siapa yang ngga tahu nasi tumpeng? Yap, hidangan khas Indonesia ini merupakan hidangan wajib saat perayaan apapun dan terkenal dengan berbagai macam lauk pauknya, loh!

Sumber: hipwee.com

Nasi tumpeng biasanya terdiri dari nasi putih atau nasi kuning, dilengkapi lauk pauk seperti ayam goreng, kering tempe, mie goreng, perkedel, telur rebus, boleh juga ditambah lauk pauk lainnya. Makanan ini bisa divariasi dengan perpaduan nasi merah dan nasi putih menjadi nasi tumpeng merah putih.

Puding

Buat kamu yang menggemari makanan penutup, puding merah putih merupakan salah satu ide yang bisa kamu aplikasikan. Makanan ini cocok dimakan saat merayakan hari Kemerdekaan Indonesia.

Sumber: cdn2.tstatic.net

Bagian warna merah pada puding diberi rasa stroberi dan bagian warna putih diberi rasa vanila. Kombinasi rasa stroberi yang segar dan vanila yang lembut membuat puding merah putih ini semakin lezat. Kamu juga bisa menambahkan vla vanila di bagian atas, loh.

Klepon

Makanan kecil yang terbuat dari tepung ketan ini punya isian gula merah cair dilengkapi taburan kelapa parut di bagian luar. Biasanya, adonan tepung ketan dicampur sari daun pandan sehingga berwarna hijau.

Sumber: kreativv.com

Khusus untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia, adonan tepung ketan ditambahkan pewarna makanan merah dan putih agar menjadi klepon merah putih. Rasa klepon ini tetap nikmat dan ngga berbeda dengan klepon pada umumnya, kok.

Es kolang kaling

Rasan manis dan segar membuat minuman khas Indonesia ini disukai masyarakat. Selain itu, tekstur unik kolang kaling menjadikannya berbeda dengan minuman yang lain. Umumnya, kolang kaling ngga berwarna atau putih polos saat dijadikan minuman. Nah, khusus momen memperingati hari Kemerdekaan Indonesia, kolang kaling bisa diberi warna merah dan putih agar lebih menarik. Unik, kan?

Sumber: diadona.id

Nah, Teman Sehat bisa mencoba menghidangkan makanan dan minuman berwarna merah putih untuk merayakan hari Kemerdekaan Indonesia, loh! Selamat merayakan hari kemerdekaan Indonesia dengan keluarga dan kerabat dekat! Jangan lupa bagikan informasi menarik ini ke orang-orang sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *