Serba-serbi Mendapatkan Telur Kualitas Terbaik!

Teman Sehat, protein dibutuhkan oleh tubuh karena mempunyai fungsi penting membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, membentuk enzim dan hormon, serta mendukung sistem kekebalan tubuh. Salah satu makanan yang mengandung protein tinggi yaitu telur, namun belum banyak orang mengetahui cara mendapatkan kualitas terbaik bahan pangan ini, loh. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Aturan saat membeli telur

Sebelum telur disimpan dan diolah, kualitasnya sangat dipengaruhi saat kamu membelinya di toko atau supermarket. Ada hal-hal yang wajib diperhatikan, kamu harus pastikan cangkang kulitnya bersih dan ngga pecah karena protein di dalamnya mudah dikontaminasi kuman dan bakteri. Jangan membeli yang sudah kadaluwarsa, karena sangat membahayakan tubuh kamu, ya.

Alimentos, Mercado, Huevo, Muchas, Nutriente, Cesta

Jika berada di dalam kemasan, kamu bisa dengan mudah mengetahui tanggal kadaluarsanya, tapi jika dibeli dalam bentuk kiloan seperti di pasar, coba tanya pedagang tanggal kedatangannya sehingga bisa diperkirakan tanggal kadaluarsa. Tips membeli yang terakhir, pilihlah ukuran telur sesuai dengan kebutuhan  konsumsi dan biaya yang disiapkan.

Kulkas tempat penyimpanan terbaik

Teman Sehat, setelah membeli kamu harus menyimpan telur dengan baik agar kualitasnya terjaga. Berikut ini cara menyimpan yang baik:

Los Huevos, Los Huevos En Una Bandeja, Supermercado

  1. Cangkang harus dibersihkan sampai bersih. Ini wajib dilakukan agar mencegah kontaminasi bakteri salmonella. Bakteri tersebut masuk lewat pori-pori cangkang yang bisa mengakibatkan diare, kram perut, hingga demam.
  2. Simpan ke dalam kulkas. Hindari menyimpan di rak pintu kulkas sebab suhunya mudah berubah karena sering dibuka dan ditutup sehingga kurang baik untuk kandungan protein. Saat membeli telur di supermarket, biasanya kamu mendapatkan karton atau eggtray. Eggtray bisa dipakai menyimpan bahan pangan ini di kulkas karena bermanfaat untuk menghindari benturan sehingga meminimalisir retak atau pecah. Tapi kalau ngga ada eggtray, bisa juga dimasukkan ke dalam mangkuk atau tempat tertutup lain. Telur mampu bertahan hingga 6 minggu jika disimpan di dalam kulkas.
  3. Perhatikan posisi telur. Sebaiknya saat menyimpannya dalam kulkas, bagian runcing berada di bawah dan bagian tumpul di atas. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kualitas karena kantong udara di bagian tumpul bisa tetap berada di atas sehingga isi di dalamnya ngga akan menekan kantong udara.

Cek kesegarannya

Huevo, Reducido A La Mitad Huevo, Huevo Hervido

Tes cepat untuk mengetahui kesegaran telur yaitu dengan masukkannya ke dalam mangkuk yang berisi air. Jika masih segar, maka akan tetap berada di dasar air. Jika sudah lama atau busuk, maka akan mengapung karena sel udara besar yang terbentuk di dasarnya.

Setelah membaca informasi di atas, kamu sebaiknya bisa mempraktikkan cara mempertahankan kualitas telur saat membeli, menyimpan, bahkan menilai kesegarannya. Semoga tips tersebut bermanfaat! Jangan lupa bagikan informasi menarik ini ke teman-teman kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *