Sharing Pemakaian Kosmetik? Coba Pikir Ulang

sharing penggunaan kosmetik
Foto: Pixabay.com

Hallo, Sahabat Sehat! Bagi perempuan mungkin sudah ngga aneh lagi untuk mencoba warna lipstick baru milik teman, meminjam eye shadow, blush on atau bedak. Tapi, pernahkah terlintas bahwa aplikator kosmetik bisa menyebarkan kuman dan mungkin penularan penyakit kulit seperti herpes. Sebenarnya ngga masalah jika kamu sharing parfum, liquid foundation atau kosmetik lain yang berada dalam botol spray atau botol tekan, tapi bagaimana untuk berbagi jenis kosmetik lain dengan aplikator yang langsung menyentuh kulit? Berikut ini risiko dari sharing produk kosmetik kesayangan kamu.

Katakan BIG FAT NO untuk sharing produk ini

Maskara

Maskara merupakan produk yang ngga disarankan digunakan bersama, karena sangat rawan dengan kontaminasi bakteri dan virus, pink eye (konjungtivitis). Dr Engelman mengungkapkan, ini dikarenakan setiap kali kuas maskara ditarik dan dimasukkan ke botol, udara (oksigen) akan ikut masuk ke botol, sehingga mendukung pertumbuhan bakteri aerob yang bisa menyebabkan iritasi mata.

Pemulas bibir

Penggunaan bersama berbagi produk pemulas bibir baik lipstick, lip balm, maupun lip gloss sangat rawan untuk menularkan HSV-1 (oral herpes). Dikutip dari Marie Claire, banyak orang memiliki HSV-1 tanpa menyadarinya. Ditambah lagi lipstick memiliki lingkungan basah yang cocok untuk pertumbuhan kuman.

Lotion atau krim dalam wadah pot

Berdasarkan riset di Universitas Colorado, terdapat setidaknya 332.000 bakteri berbeda secara genetik (masuk ke 4.742 spesies berbeda) pada tangan manusia. Ini sudah menjadi warning sign untuk ngga berbagi produk yang talah tersentuh tangan berkali-kali dengan siapapun. Hindari sharing semua produk dalam kemasan wadah pot termasuk di dalamnya lotion, eye shadow krim, blush on dan lainnya.

sharing penggunan kosmetik
Foto: Freepik.com

Bedak padat

Bagi pecinta kosmetik, mungkin pernah melihat bagaimana staf toko kosmetik menyemprotkan cairan anti bakteri di sekitar permukaan konter. Hal ini disebabkan masih ada kemungkinan bahwa produk yang berbentuk padat dan kering seperti bedak padat juga bisa menjadi media penyebaran kuman. Jadi, lebih baik waspada sebelum terjadi hal yang ngga diinginkan bukan?

Makeup brush

Brush sangat berguna dalam aplikasi kosmetik dan sangat bervariasi jenisnya. Ternyata, penggunaan brush juga berisiko tinggi menyebabkan kontaminasi silang, loh! Dikutip dari Cosmopolitan, dermatolog kosmetik Dendy Engelman menyatakan brush merupakan satu peralatan yang ngga boleh digunakan bersama-sama. Ini karena pemakaiannya menyentuh kulit pengguna, sehingga bisa menjadi media untuk penyebaran bakteri jerawat. Tapi, jika terpaksa untuk hanya menggunakan satu brush disaat bersamaan – seperti pada kasus makeup artist – maka semprot brush dengan alkohol sebelum digunakan dan cuci secara rutin setiap minggu.

Nah, Sahabat Sehat jika ancaman kuman masih kelihatan kurang nyata, ingatlah risiko penularan herpes, jerawat, dan penyakit kulit lainnya. Kosmetik sudah menjadi bagian hidup tak terpisahkan bagi kaum hawa, egois mengenai penggunaan kosmetik pribadi ngga selalu berarti pelit, melainkan bisa menjadi investasi jangka panjang untuk kesehatan.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Lukaitis, N. 2016. 8 beauty products you should never share. https://www.marieclaire.co.uk/beauty/make-up/8-beauty-products-you-should-never-share-254009. Diakses 6 Agustus 2021.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.