Stres saat Bekerja? Hati-Hati dengan Jantung Kamu!

Teman Sehat, pernah ngga sih kamu ngerasa bad mood saat kerjaan mulai menggunung, ‘omelan’ bos dan  klien, atau ‘nyinyiran’ rekan kerja yang harus kamu ‘telan’ setiap harinya? Kalau hal ini terus dipendam, tanpa disadari, kamu bisa berisiko stres. Selain  risiko stres yang bisa mengganggu pikiran dan emosi, ternyata jantung kamu juga berisiko, loh! Mau tau, kenapa bisa seperti ini? Yuk, simak penjelasannya!

Stres saat bekerja

Saat stres, otak akan  melepaskan hormon-hormon stres seperti, adrenalin, kortisol, dan norepinefrin yang bisa meningkatkan denyut jantung dan pelebaran pembuluh darah. Hal ini, akan menyebabkan tekanan darah meningkat. Stres, juga bisa dikaitkan dengan perubahan dalam pembekuan darah, sehingga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Penelitian dari Harvard, menyatakan bahwa stres kerja yang dialami perempuan, berkaitan dengan penyakit jantung. Perempuan yang mengalami stres saat bekerja, memiliki resiko terkena penyakit jantung sebesar 40% dibandingkan dengan yang ngga stres. Selain itu, perempuan yang khawatir kehilangan pekerjaannya, senderung memiliki tekanan darah tinggi, kadar kolestrerol yang buruk dan kecenderungan obesitas.

Stres dan risiko penyakit jantung

Penelitian yang dilakukan di Denmark, menyatakan bahwa semakin besar tekanan kerja yang dialami perempuan (di bawah usia 51 tahun), semakin tinggi pula risiko mereka terkena penyakit jantung.

Selain itu penelitian di Beijing juga menyatakan, bahwa ketegangan saat bekerja pada perempuan, bisa menyebabkan menebalnya dinding pembuluh darah carotid. Penebalan ini, merupakan salah satu tanda awal dari penyakit jantung.

Ternyata, penyebabnya ngga cuma masalah psikis, loh! Tapi juga pola makan dan gaya hidup yang kamu terapkan juga memengaruhi. Nah, buat mengurangi

Yuk, lakukan 4 tips ini!

  1. Tetap Positif, tertawalah! Bangun hubungan baik dan santai dengan rekan kerja. Saat istirahat, kamu bisa mengajak rekan kerjamu bercanda atau berbincang dan berdiskusi ringan. Kenapa tertawa? Karena ternyata tertawa itu bisa menurunkan tingkat hormon stres, mengurangi peradangan pada pembuluh darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, loh!
  2. Meditasi, meditasi merupakan suatu cara menentramkan hati dan memfokuskan pikiran. Pergilah ke tempat sepi, pejamkan mata, tarik napas dalam dan hembuskan. Jika kamu seorang muslim, sholat merupakan salah satu meditasi yang ampuh, loh!
  3. Yuk, aktif bergerak! Setiap kali tubuh melakukan aktifitas, baik itu sekadar berjalan, naik-turun tangga atau berolahraga, tubuhmu juga melepas endorfin atau senyawa kimia yang berkaitan dengan mood. Selain itu, aktif bergerak juga bisa melindungi kamu dari penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, menguatkan otot jantung dan menjaga berat badan.
  4. Pilih gaya kamu, misalnya dengan tidur sebentar, mendengarkan musik, menonton video artis idola kamu atau menelepon orang terdekat (orangtua, anak, suami/pacar), bisa jadi salah satu cara mengembalikan mood. Tapi ingat ya, jangan sampai kegiatan itu mengalihkan fokus kamu!

Selain keempat cara di atas, kamu bisa mengingatkan diri sendiri tentang tujuan bekerja dan target-target yang ingin dicapai. Yuk, jangan lupa juga selalu bersyukur atas segala sesuatu yang kamu dapatkan dan alami sampai sejauh ini. Teman Sehat punya tips lain? Yuk share di kolom komentar!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *