3 Hal yang bisa Kamu Lakukan selama PSBB jilid II!

Teman Sehat, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid II pandemi COVID-19 kembali dilakukan di beberapa kota besar. Yap, hal ini dikarenkan meningkatnya jumlah pasien yang terinfeksi virus ini. Nah, daripada bosan kembali menyerang selama Work From Home (WFH), yuk lakukan 3 hal ini agar tetap sehat. Let’s check it out!

Pentingnya berolahraga

Selama pandemi Covid-19 belum usai, kamu juga perlu berolahraga rutin sekitar 3-5 kali seminggu untuk menjaga tubuhmu terhindar dari berbagai penyakit. Pada masa ini, jenis olahraga yang disarankan WHO yaitu olahraga intensitas ringan hingga sedang.

Berolahraga bisa membantu kamu meningkatkan daya tubuh sehingga menekan reaksi peradangan yang berlebihan dan membuat tubuhmu tetap sehat. Apa saja olahraga yang disarankan?

1. Yoga

Olahraga ini, bisa meningkatkan daya tahan tubuh, kualitas mental hingga memelihara daya tahan paru-paru, jantung dan pembuluh darah untuk mengikat oksigen serta mengalirkannya ke seluruh tubuh (kardiorespirasi). Seseorang yang mempunyai daya tahan tubuh yang optimal dan sistem kardiorespirasi yang baik bisa bekerja secara maksimal sehingga ngga cepat merasa lelah.

Olahraga ini, juga membantu kamu untuk mencegah, menurunkan depresi dan kecemasan yang timbul karena pandemi. Salah satu sesi pada olahraga ini, yaitu relaksasi yang gerakannya berfungsi mengembalikan keadaan tubuh yang kurang sehat.

Saat kamu melakukan relaksasi maka tubuh akan menjadi rileks dan pikiran menjadi tenang. Hal ini disebabkan oksigen di dalam tubuh menjadi seimbang, sehingga bisa memperlancar peredaran darah.

2. Senam aerobik

Melakukan senam aerobik bisa menggerakkan otot-otot besar di lengan, kaki dan pinggul, loh! Senam juga membantu kamu mengatur napas dengan baik. Hal ini disebabkan saat melakukan gerakan aerobik, kamu akan bernapas lebih cepat dan lebih dalam, sehingga jumlah oksigen dalam darah akan dimaksimalkan.

Rutin melakukan senam ini, bisa meningkatkan stamina dan menurunkan efek kelelahan, loh! Latihan aerobik akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh kamu dengan baik, sehingga ngga terlalu rentan terhadap virus ringan, seperti pilek dan flu.

Latihan ini, bisa meredakan stres, mengurangi ketegangan yang berasal dari kecemasan, dan meningkatkan relaksasi. Kegiatan ini juga bisa meningkatkan kualitas tidur kamu, loh!

3. Olahraga kardio

Olahraga kardio merupakan olahraga yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, khususnya kesehatan jantungLatihan ini bermanfaat bagi kesehatan otak dan sendi seperti:

  • Meningkatkan aliran darah dan menurunkan risiko terkena stroke.
  • Meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir.
  • Memerangi penurunan fungsi otak seiring bertambahnya usia.
  • Melawan osteoporosis dan mengurangi kemungkinan patah tulang pinggul.

Olahraga ini bisa kamu lakukan dirumah seperti jika dirumah ada treadmill, sepeda statis atau barang sederhana lainnya yang bisa dimanfaatkan.

Nah Teman Sehat, selama #dirumahaja kamu harus memperhatikan kesehatan, ya! Mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang, seperti kebiasan mencuci tangan, konsumsi makanan bergizi dan berolahraga. Stay safe and stay healthy ya! Jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *