Tips Hidup Sehat Seutuhnya

Sahabat Sehat, bisa menjalani hidup yang sehat secara seutuhnya memang menjadi dambaan setiap orang. Kebiasaan dan aktivitas yang dilakukan sehari˗hari menjadi salah satu faktor utama penentu kualitas hidup seseorang.

Hingga saat ini, ngga sedikit yang masih beranggapan bahwa merepakan pola hidup sehat merupakan hal yang sulit, bahakan mustahil untuk dilakukan. Padahal, hal ini merupakan kunci utama agar kamu bisa hidup dengan sehat, baik secara fisik, mental, maupun sosial. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membangun kebiasaan hidup sehat.

tips hidup sehat
Foto: Freepik.com

Jaga Pola Makan Bergizi Seimbang

Memang ngga bisa dipungkiri, makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi salah satu pilar penentu kesehatan seseorang. Tanpa terpenuhinya kebutuhan gizi, tubuh akan kesulitan untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Bahkan, bisa memicu terjadinya gangguan kesehatan hingga mengundang datangnya penyakit.

Oleh karena itu, menjaga pola makan dengan menu yang bergizi seimbang bisa menjadi langkah awal untuk memulai kebiasaan hidup sehat. Bergizi seimbang di sini berarti mencakup semua jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam porsi yang cukup.

Rutin Jalani Aktivitas Fisik

Selanjutnya, adalah rutin melakukan aktivitas fisik supaya tubuh tetap bugar. Nah, aktivitas fisik ada banyak ragamnya. Kamu bisa melakukannya sesuai dengan kegiatan yang kamu sukai, mulai dari berjalan kaki, jogging, senam, yoga, berenang, hingga angkat beban. Kamu juga bisa memilih aktivitas sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, seperti misalnya ingin menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung atau sendi, atau sekadar meregangkan otot yang kaku akibat duduk terlalu lama.

Saat ini, Centers for Disease Control (CDC) menyarankan untuk setidaknya melakukan aktivitas fisik selama 150 menit per minggu untuk aktivitas dengan intensitas sedang. Sedangakan, untuk aktivitas berat seperti berlari, kamu bisa melakukannya dalam durasi 75 menit setiap minggunya.

Nah, durasi tersebut berlaku untuk orang dewasa secara umum, namun bisa saja berbeda sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan. Supaya hasilnya optimal, kuncinya hanya satu yakni melakukannya dengan rutin.

menjaga pola makan
Foto: Freepik.com

Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Selain menjaga pola makan dan rutin melakukan aktivitas fisik, menjaga kebersihan diri dan lingkungan ngga kalah pentingnya loh, Sahabat Sehat! Ini karena ngga sedikit penyakit yang datang dari lingkungan yang kotor. Salah satunya, memperbesar peluang terjadinya penyebaran penyakit menular. Bukan hanya secara fisik, kebersihan yang ngga dijaga dengan baik juga bisa mengganggu mood yang nantinya akan berdampak pada kesehatan mental.

Kelola Stress

Sahabat Sehat sudah tahu belum kalau stress itu bisa menjadi salah satu pemicu melemahnya kekebalan tubuh? Yap, ternyata sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan hal ini. Salah satunya, hasil studi yang diunggah dalam Nature, telah membuktikan adanya pengaruh stress psikologis terhadap kerja sel darah putih yang bertanggung jawab dalam menjalankan respon imun tubuh terhadap serangan infeksi dari luar. Oleh karena itu, penting buat kamu untuk bisa mengelola stress psikologis dengan baik.

Selain melatih diri untuk berpikir secara positif dan bersikap lebih rileks saat menghadapi masalah, kamu juga bisa melakukan berbagai hal menyenangkan untuk menenangkan pikiran dikala stress menyerang. Misalnya dengan meditasi atau melakukan kegiatan lain yang kamu gemari.

Sahabat Sehat, itulah empat tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai hidup sehat secara seutuhnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Referensi

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang.. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Centers for Disease Control. 2022. How much physical activity do adults need?. Physical Activity Basic. https://www.cdc.gov/physicalactivity/basics/adults/index.html. Diakses pada 15 November 2022.

Poller, W.C., Downey, J., Mooslechner, A.A. et al. 2022. Brain motor and fear circuits regulate leukocytes during acute stress. Nature 607, 578–584. doi:10.1038/s41586-022-04890-z

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.