Susah Bagun Pagi? Yuk, Ikuti 4 Tips Berikut!

Hayo diantara Sahabat Sehat, siapa yang susah untuk bangun pagi? Tenang, kamu ngga sendirian kok. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, mungkin ada beberapa kebiasaan di pagi hari yang berubah. Tapi rasanya susah banget ya, mau bangkit dari tempat tidur.

Mungkin banyak juga dari kamu yang sebelumnya sudah berniat untuk bangun pagi, tapi gagal. Nah, alasannya bisa saja datang dari kebiasaanmu yang salah di pagi hari. Yuk, coba beberapa trik di bawah ini, dijamin kamu pasti bisa langsung bangun pagi dengan segar dan penuh semangat.

Susah Bagun Pagi? Yuk, Ikuti 4 Tips Berikut!
Foto: Unsplash.com

Ganti nada alarm

Kebanyakan orang biasanya akan sengaja memilih nada alarm yang keras dan mengagetkan supaya bisa langsung bangun, tapi ternyata ini bukan pilihan yang tepat, loh. Studi menemukan bahwa nada alarm seperti lagu pop, musik instrumental, atau suara alam, lebih efektif untuk membangunkanmu dengan perlahan.

Studi lain juga mendukung bahwa memilih lagu yang kamu senangi sebagai nada alarm bisa membantumu untuk bangun dengan kondisi lebih segar dan fokus. Jadi, ngga ada lagi deh bangun tidur dalam keadaan kaget dan bingung karena suara alarm. Ayo mulai dicek nada alarm-nya masing-masing!

Buka gorden atau jendela

Habis bangun tidur lagi? Coba deh, setelah bangun tidur kamu berdiri dan buka gorden atau jendela kamar supaya cahaya matahari masuk. Cahaya memiliki peran penting dalam ritme sirkadian atau jam biologis tubuhmu. Paparan cahaya matahari bisa membantu tubuhmu untuk menyadari bahwa sekarang waktunya untuk bangun, kamu bahkan ngga perlu minum kopi lagi.

Selagi menikmati cahaya matahari yang hangat, kamu juga bisa berolahraga ringan sambil menghirup udara segar. Kalau cuaca mendung dan lagi ngga ada sinar matahari, cahaya lampu juga bisa memberikan efek yang sama.

rutinitas yang bisa dilakukan pagi hari
Foto: Pixabay.com

Buat rutinitas pagi

Mungkin alasanmu susah bangun pagi, karena ngga ada kegiatan khusus yang perlu kamu lakukan di pagi hari, jadilah kamu merasa tak masalah unutk tidur sedikit lebih lama. Nah cara mengatasinya, kamu bisa membuat rutinitas pagi ala kamu sendiri.

Supaya ngga terlalu susah karena mungkin pikiranmu masih berkabut, kamu bisa melakukan aktivitas ringan yang kamu sukai sebelum memulai kesibukan. Misalnya, seperti main game, baca buku, nonton video, atau mendengarkan musik. Jadi lebih semangat ‘kan kalau ingat besok pagi mau nonton video kucing lucu sebelum berangkat kerja?

Selain melakukan hobi, kamu juga bisa melakukan kegiatan lain yang lebih produktif seperti membuat jadwal kegiatanmu hari itu. Tapi ingat juga waktunya ya, jangan sampai rutinitas pagimu malah membuatmu terlambat kerja atau sekolah.

Bersih-bersih rumah

Nah, aktivitas ini dijamin bakal bisa bikin kamu melek ditambah bikin rumah jadi bersih. Kamu juga jadi bisa memulai hari dengan lebih semangat dan penuh motivasi. Kegiatan yang paling gampang tentunya, merapikan kasur atau tempat tidurmu. Kalau masih ada waktu, kamu juga bisa melakukan kegian bersih-bersih lainnya seperti cuci piring, menyapu, atau mencuci baju.

Sahabat Sehat, sudah siap untuk mencoba tips-tips di atas besok pagi? Bangun pagi memang susah, apalagi kalau tidurmu sebelumnya kurang nyenyak, tapi semoga artikel ini bisa membantu ya, supaya pagi harimu ngga menyeramkan lagi dan penuh dengan hal-hal baik.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Healthline. 2021. Need a New Morning Routine? 10 Tips to Rise and Really Shine. https://www.healthline.com/health/healthy-morning-routine. Diakses pada 2 Agustus 2021

McFarlane, S. J., Garcia, J. E., Verhagen, D. S., & Dyer, A. G. 2020. Alarm tones, music and their elements: Analysis of reported waking sounds to counteract sleep inertia. PloS one15(1). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6986749/

Centers for Disease Control and Prevention. 2020. Effects of Light on Circadian Rhythms. https://www.cdc.gov/niosh/emres/longhourstraining/light.html. Diakses pada 2 Agustus 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.