Sudah Terpapar Sinar Matahari, Pagi ini?

Halo Teman Sehat, apakah kamu sering mengalami mood yang buruk dan selalu merasa negative thinking? Seperti emosi yang sering naik dan marah-marah tanpa ada alasan yang jelas? Mungkin kamu belum terpapar cahaya mahari yang cukup nih. Apa ya, hubungan keduanya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Apakah cahaya matahari selalu berbahaya?

Cahaya matahari sebenarnya ngga berbahaya untuk kulit, jika kamu terpapar sinarnya sebelum sebelum siang hari. Hal ini dikarenakan matahari di siang hari sudah mengandung banyak sinar ultraviolet (UV) yang berisiko bagi kesehatan kulitmu. Jadi, waktu yang tepat bagi kulitmu yaitu di pagi hari, kisaran jam 7 sampai jam 10 pagi.

Kamu bisa melakukan aktivitas di bawah paparan sinar ini selama 5 – 10 menit, sekitar 3-4 kali dalam seminggu, untuk menjaga asupan vitamin D pada tubuh. Saat pagi hari, beberapa bagian di lapisan kulitmu akan berinteraksi dan menyerap sinar UV dari matahari. Interaksi inilah yang bisa menghasilkan sintesis endorfin.

Inilah hubungan cahaya matahari dengan mood!

Sintesis endorfin merupakan aktivitas produksi hormon endorfin yang dilakukan oleh  bagian kecil di bawah otak, yaitu kelenjar pituari dan sistem saraf pusat tubuh. Horomon endorfin merupakan hormon yang membantu kamu dalam mengurasi rasa sakit dan juga memicu perasaan positif atau bahagia. Jika kamu terpapar sinar matahari pagi sekitar 20-30 menit, maka bisa merangsang tubuh melakukan pembentukan hormon ini, sehingga bisa memicu mood baik hari mu.

Ternyata, bisa mengatasi insomnia juga, loh!

Selain membuat mood mu menjadi positif, paparan sinar matahari di pagi hari  juga bisa merangsang produksi hormon melatonin yang bisa membantu masalah insomnia atau kesulitan tidur, loh! Kurangnya produksi hormon ini, bisa menyebabkan masalah seperti insomnia, gelisah, depresi, dan ketidaknyamanan lainnya.

Nah, Teman Sehat, sekarang kamu makin tahu kan sinar matahari itu, ternyata dibutuhkan untuk kulit. Banyak manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan aktivitas ini. Ngga harus berdiam diri saat melakukan aktivitas ini, kamu bisa sambil berjalan kaki maupun jogging agar tubuh semakin bugar dan mood mu semakin oke.

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *