Tips Menjaga Berat Badan Tetap Ideal saat #dirumahaja

Teman Sehat, terus pantau berat badan saat #dirumahaja, ya! Siapa yang aktivitas di rumah lebih banyak membatasi aktivitas fisik dan meningkatkan asupan makan? Hal ini ngga jarang terjadi dan bisa meningkatkan risiko bertambahnya angka timbangan. Lalu apa aja ya, yang perlu kamu lakukan agar berat badan tetap ideal? Yuk, simak tipsnya di sini!

1. Konsumsi menu makanan yang seimbang

Menu makanan yang seimbang merupakan menu makanan yang sesuai dengan Isi piringku dalam kondisi normal maupun saat pandemi Covid-19. Jumlah yang dianjurkan yaitu 3-4 porsi karbohidrat (nasi/kentang/roti/dll.), 2-4 porsi protein (ayam/daging/ikan/tempe/tahu/dll.), 3-4 porsi sayur, dan 2-3 porsi buah dalam satu hari.

Pola makan yang ngga baik, bisa menyebabkan berat badan kamu ngga terkontrol. Apalagi saat pandemi ini, kamu bisa bebas memilih makanan yang dikonsumsi dengan memijat tombol aplikasi online yang ada. So, pastikan jumlah makanan yang terhidang di atas piring tetap mengikuti anjuran Pedoman Gizi Seimbang dan Isi Piringku, ya!

2. Lakukan olahraga dan aktivitas fisik

Waktu luang yang banyak saat #dirumahaja menjadi keuntungan bagi kamu agar bisa workout lebih rajin. Aktivitas fisik dan olahraga hanya memerlukan waktu 30 menit setiap harinya. Kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga ngga mudah terserang penyakit.

Selain itu, kegiatan ini juga bisa meningkatkan hormon edorfin yang mampu mengurangi kegelisahan dan memberikan rasa tenang. Dengan begitu, imunitas akan meningkat dan tubuh tidak mudah terserang penyakit. Kamu bisa memulai kegiatan ini di dalam rumah dengan melakukan senam ringan atau gerakan olahraga yang bisa dengan mudah ditemukan di youtube atau platform lainnya.

3. Gantilah camilan dengan camilan kaya serat

Camilan yang dikonsumsi masyarakat Indonesia, biasanya mengandung tinggi gula dan lemak. Menurut WHO (World Health Organization) dalam sehari, sebaiknya konsumsi gula <10% dari total kalori dalam sehari. Sedangkan untuk lemak, sebaiknya asupannya <30% dari total kalori sehari. Jadi, kamu perlu membatasi asupan goreng-gorengan dan produk manis, ya!

Untuk mengakalinya, kamu bisa mengurangi konsumsi camilan tinggi gula dan lemak dengan camilan tinggi serat, seperti buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung banyak serat yang bisa mencegah cepat lapar. Serat memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga mampu kenyang lebih lama. Kamu bisa mengkreasikan sayur dan buah dengan oatmeal, kacang-kacangan, maupun salad.

Nah, itullah beberapa tips bagi kamu yang ingin menjaga berat badan tetap ideal saat #dirumahaja. Meskipun awalnya ngga mudah, tapi yakinlah jika dilakukan dengan konsisten maka akan menimbulkan kebiasaan baik di kemudian hari. Selamat mencoba, Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *