Hoarding Disorder Kebiasaan Menimbun Barang

Apakah kamu termasuk orang yang suka menimbun barang di rumah? Atau kamu termasuk orang yang merasa sayang menyingkirkan barang yang sebenarnya sudah ngga digunakan? Jika iya, maka kamu perlu berhati-hati Sahabat Sehat! Bisa jadi, kamu sedang dalam kondisi hoarding disorder (HD). So, apa itu hoarding disorder? Yuk, simak penjelasan berikut!

Apa itu hoarding disorder?

Hoarding disorder (HD) merupakan gangguan penimbunan. Kondisi ini termasuk ke dalam gangguan mental yang terjadi saat kamu mengalami kesulitan secara terus-menerus dalam memisahkan, memilah, bahkan membuang barang yang kamu miliki, karena kamu menganggap akan membutuhkannya suatu saat nanti. Penderita HD akan mengalami kesulitan untuk menyingkirkan barang yang mereka miliki. Hasilnya, barang di kamar atau rumah akan semakin terakumulasi dan menyebabkan berkurangnya ruang bebas.

Gejala HD - Yakin barang akan berguna suatu saat nanti
Foto: Unsplash.com

Kebiasaan menimbun barang seringkali ngga dianggap serius, tapi Sahabat Sehat perlu berhati-hati karena kebiasaan tersebut bisa jadi masalah yang signifikan loh! Kebiasaan tersebut bisa jadi masalah serius, jika kondisi ruang bebas di kamar atau rumah kian menyempit dan mengganggu aktivitas harian kamu. Kamu kesulitan mencari barang yang kamu inginkan, bahkan untuk menjangkau ruang lain pun sulit. Kamu atau anggota keluarga juga bisa menjadi mudah emosi karena aktivitas di rumah terganggu dengan keberadaan barang yang kian menumpuk.

Gejala HD

Seseorang dengan gangguan HD ditemukan memiliki gejala seperti ketidakmampuan untuk memilih, memilah, dan menyingkirkan barang-barangnya; stres ekstrem karena membuang barang; kecemasan terhadap munculnya kemungkinan membutuhkan barang suatu saat nanti; tidak dapat mengambil keputusan dalam meletakkan barang; tidakpercaya terhadap orang lain yang mengorganisir barang-barangnya; tinggal di ruang yang tidak dapat digunakan karena berantakan; serta menarik diri dari teman dan keluarga.

Tidak mampu merapikan barang - Gejala HD
Foto: Freepik.com

Penyebab hoarding disorder

HD dapat dimulai dengan kebiasaan seseorang menimbun. HD mulai muncul saat kamu berkeyakinan barang yang kamu kumpulkan dapat bermanfaat dan berharga suatu saat nanti. Kamu juga dapat mengaitkan barang-barang tersebut dengan seseorang atau kejadian penting yang tidak ingin dilupakan.

HD dapat muncul saat kamu sering hidup dengan barang yang kamu kumpulkan dengan mengorbankan kebutuhan lainnya. Misalnya, rela ngga memanfaatkan kulkas karena dapur penuh dengan barang timbunan. Kondisi ini juga bisa terjadi karena kebiasaan hidup sendiri, dibesarkan di ruang yang ngga teratur dengan baik, hingga memiliki latar belakang masa kecil yang sulit.

Seringkali HD dikaitkan dengan gangguan mental lainnya seperti anxiety, attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), depresi, dementiaobsessive compulsive disorder (OCD), obsessive compulsive personality disorder (OCPD), schizophrenia. 

Gangguan ini juga diasosiasikan dengan kurang berfungsinya kemampuan eksekutif pada penderitanya. Defisiensi dalam fungsi eksekutif menyebabkan seseorang ngga bisa memfokuskan perhatian, membuat keputusan dan mengkategorikan benda.

Sahabat Sehat menata dengan baik ruang atau rumah yang kamu tinggali sangat penting loh, untuk menjaga mental kamu tetap sehat dan terhindar dari HD. Yuk, ajak sahabat dan keluarga untuk menata ruang mereka supaya terhindar dari kondisi ini. Kamu bisa melakukan decluttering untuk menjadikan ruang lebih nyaman loh! Salam Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Anonim. 2018. Hoarding Disorder. Mayoclinic.org.  https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hoarding-disorder/symptoms-causes/syc-20356056#:~:text=Hoarding%20disorder%20is%20a%20persistent,regardless%20of%20actual%20value%2C%20occurs.Diakses pada 21 Juni 2022.

Anonim. 2022. Hoarding Disorder. www.nhs.uk. https://www.nhs.uk/mental-health/conditions/hoarding-disorder/. Diakses pada 21 Juni 2022.

Anonim. 2022. Hoarding Disorder. www.my.clevelandclinic.org. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17682-hoarding-disorder. Diakses pada 21 Juni 2022.

Silver N., dan Browne, D. 2020. Hoarding: Understanding and Treating. https://www.healthline.com/health/hoarding#causes. Diakses pada 21 Juni 2022.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.