Tips Tetap Aktif dan Bahagia Selama #dirumahaja

Halo Teman Sehat! Bagaimana kabarnya setelah karantina hari ke sekian? Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, pemerintah menganjurkan untuk tetap berada di rumah dan work from home. Tapi, jangan sampai dijadikan momen buat mager-mageran ya!

Kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh dengan melakukan aktivitas fisik. WHO menyarankan aktivitas yang mudah dan seru untuk dilakukan dengan durasi waktu selama 30 menit/hari bagi orang dewasa yang sehat dan 1 jam/hari untuk anak-anak.

Nah, beberapa aktivitas di bawah ini bisa dijadikan pilihan untuk membuat kamu tetap aktif, sehat, dan bahagia. Penasaran? Let’s check it out!

1. Menari diiringi musik

Menurut dosen utama Universitas Brighton di Inggris, menari banyak membakar kalori karena melibatkan gerakan ke segala arah. Menari bisa memengaruhi suasana hati dan pikiran. Sebuah studi mengatakan bahwa menari hip hop bisa menurunkan stres dan meningkatkan suasana hati. Kalau ngga bisa menari? Yuk, belajar dari situ video berbagi!

2. Naik-turun tangga

Salah satu aktivitas yang mudah dilakukan adalah naik-turun tangga. Jika dilakukan setiap hari bisa meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membuat tulang sehat, sehingga menurunkan risiko osteoporosis. Selain itu, kegiatan ini juga berperan dalam penguatan otot tubuh dan membakar lemak tubuh, sehingga bisa digunakan untuk mengontrol berat badan.

3. Latihan peregangan

Bagi Teman Sehat yang bekerja dari rumah, tentunya berada di meja kerja dalam waktu yang lama memerlukan momen untuk peregangan. Peregangan atau stretching berarti meregangkan sesuatu yang tegang atau kaku sehingga otot menjadi fleksibel kembali. Teknisnya dilakukan dengan gerakan memanjangkan atau menekuk bagian tubuh tertentu.

Jika Teman Sehat duduk lebih dari satu jam, maka seharusnya perlu melakukan gerakan lain seperti berdiri, berjalan, atau berbagai variasi gerakan peregangan. Mengapa? Karena peregangan memiliki manfaat agar kamu tetap fokus, meredakan stres, dan mengurangi rasa pegal-pegal akibat penumpukan asam laktat (sisa metabolisme tubuh).

4. Bermain lompat tali

Jika lompat tali rutin dilakukan, maka manfaat yang diberikan pada tubuh yaitu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung serta mengurangi lemak perut dan meningkatkan keseimbangan tubuh. Lompat tali selama 30 menit membakar kalori antara 300-400 kkal. Bermain lompat tali juga bisa dijadikan ajang nostalgia mengenang masa kecil yang menyenangkan. Bikin bahagia bukan?

5. Bermain video game

Video game 3-D bisa meningkatkan memori otak dan kemampuan memelihara keseimbangan tubuh serta kekuatan otot terutama game yang berkonsentrasi pada strategi. Kemudian game yang bersifat multiplayer atau membutuhkan pemain yang banyak bisa meningkatkan keterampilan pemainnya untuk berpikir kreatif dalam memecahkan suatu masalah. Bisa nih ajak teman-temanmu mabar alias main bareng!

Nah, beberapa aktivitas di atas bisa Teman Sehat lakukan untuk menjaga kesehatan  dan kebahagiaan selama berada di rumah. Pastikan juga makan-makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Semoga bermanfaat ya!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *