Yuk, Cek KLIK Produk Olahan!

Teman Sehat, kamu tau ngga kasus keracunan susu pada anak SD di Tanggerang Selatan? Yap, kabarnya hal ini terjadi sesaat siswa SD kelas 1-6 meminum susu sampel kemasan yang diberikan pihak sekolah. Tercatat ada 30 siswa yang muntah-muntah dan lemas akibat mengonsumsi produk susu tersebut.

Menurut BPOM, dugaan sementara dari sampel yang diambil adalah keracunan akibat produk susu yang kedaluarsa. Tapi, menurut perwakilan dari BPOM, hasil pastinya akan diumumkan setelah satu minggu dilakukan analisa laboratorium.

Nah, belajar dari kasus yang terjadi di Tanggerang Selatan tadi, kamu harus lebih teliti dalam mengonsumsi produk pangan olahan. Dalam penjelasannya, BPOM menyatakan bahwa penting sebagai konsumen untuk melakukan cek KLIK sebelum membeli produk pangan olahan. Apa sih cek, KLIK? Let’s check it out!

K – Kemasan

Yap, kemasan penting banget loh buat kamu cek sebelum membeli produk pangan. Salah satu fungsi utama kemasan adalah untuk melindungi produk makanan dari lingkungan luar yang bisa mengontaminasi makanan dari kuman jahat.

Jika kemasan rusak, maka bisa dipastikan kualtias makanan di dalamnya juga rusak. Nah, perhatikan ya, jika makanan kaleng penyok, berkarat, atau terdapat sobek di bagian kemasan produk lainnya, kamu jangan memilih produk tersebut dan segera laporkan ke petugas di supermarket.

L – Label pangan

Label pangan penting juga, loh! Buat kamu yang ingin mengetahui komposisi bahan yang digunakan, informasi nilai gizi, termasuk kalori yang dihasilkan dan keterangan tertentu seperti alergi, perhatikan baik-baik. Kenapa? Karena setiap orang memiliki tujuan tertentu buat mengonsumsi produk pangan dan ada hal tertentu yang peru diperhatikan saat mengonsumsinya.

Contohnya, jika kamu ingin menurunkan berat badan, carilah produk yang adar seratnya tinggi dan rendah lemak atau jika kamu memiliki alergi kedelai, maka hindari produk dengan bahan  uatama atau tambahan yang mengandung kedelai.

I – Izin edar

Izin edar merupkan bentuk persetujuan pendaftaran obat dan makanan yang diberikan oleh Kepala Badan agar bisa diedarkan di wilayah Indonesia. Biasanya izin edar tertulis di label dalam bentuk angka dan huruf. Kalau mau tau, produk pangan olahan yang dibeli sudah memiliki izin edar atau belum, bisa kamu cek di website BPOM atau bisa didownload di Aplikasi Android dengan nama Aplikasi CEK BPOM.

K – Kedaluarsa

Yap, mengecek kedaluarsa penting diakukan, karena merupakan info bahwa pangan olahan masih layak dikonsumsi atau tidak, berdasarkan tanggal, bulan dan tahun yang tertulis di label produk pangan.

Misalnya kamu mengonsumsi makanan yang sudah lewat sehari dari batas kedaluarsanya tapi, belum ada perubahan fisik seperti aroma, warna produk (hitam/putih karena adanya jamur), dan perubahan fisik lainnya, lebih baik dihindari agar ngga terjadi hal yang diinginkan.

Yuk, jadi konsumen yang cerdas agar terhidar dari konsumsi pangan yang ngga baik. Jangan lupa cek KLIK sebelum membeli pangan olahan ya, Teman Sehat!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *