Yuk, Lakukan 4 Hal ini Agar Si Kecil Terbiasa Makan Sehat!

Teman Sehat, pernah merasakan sulitnya mengajak si kecil buat mengonsumsi makanan sehat? Yap, terkadang saat mengajaknya mengonsumsi makanan sehat, maka yang terbayang di kepalanya adalah makanan yang ngga ada rasanya dan terlalu banyak sayur di dalamnya.

Padahal, dalam masa tumbuh kembangnya, si kecil butuh banyak asupan zat gizi dari berbagai macam bahan pangan, loh! Lalu, kira-kira gimana ya, cara membiasakan pola makan sehat buat si kecil? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Kebutuhan asupan gizi anak

Sebelum membahas kebiasaan makan sehat untuk si kecil, kamu perlu tahu asupan zat gizi apa aja yang dibutuhkan si kecil. Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang (PGS), asupan gizi yang penting untuk tumbuh kembang anak usia 6-10 tahun adalah:

  • Protein: berperan dalam mendukung tumbuh kembang tubuh dan fungsi metabolisme yang optimal.
  • Energi cukup: penting untuk mendukung aktivitas fisik dan otak dalam masa tumbuh kembang dan belajarnya
  • Vitamin dan mineral: mendukung fungsi organ dan sistem tubuhnya berfungsi maksimal.

Gimana ya, cara menerapkan pola makan yang sehat?

Berikut beberapa hal mudah yang bisa kita ajarkan pada anak agar anak terbiasa dengan pola makan sehat:

1. Kenalkan beragam jenis makanan

Berdasarkan publikasi dari The Royal Children’s Hospital Melbuorne  lebih dari 50% anak-anak dalam studinya, ngga bisa memilih atau membedakan makanan sehat dan kurang sehat. Hal ini membuat peran orang tua atau orang terdekat sangat penting dalam mengenalkan jenis makanan ini pada si kecil.

Kamu bisa mulai mengenalkan pada si kecil, dengan cara mengajaknya berbelanja, untuk mengenalkan jenis buah, sayur dan bahan makan lainnya. Selain itu ceritakan manfaat dari mengonsumsi makanan tersebut dan rasanya yang enak saat dimakan. Jangan lupa, sajikan menu makanan sehat yang beragam, agar si kecil semakin mengenal jenis dan rasa makanan sehat.

2. Makan teratur

Aktivitas belajar dan bermain yang tinggi, membuat si kecil cenderung sulit makan. Hal ini juga disebutkan dalam publikasi Virginia State University, yang menyatakan hal serupa dan merupakan salah satu penyebab si kecil memiliki risiko kekurangan gizi.

Untuk itu, kamu bisa membiasakan si kecil makan teratur, misalnya dengan membiasakan 3 kali makan utama dan 2-3 kali camilan berat. Jika dilakukan dengan teratur, hal ini bisa memberikan asupan gizi yang lebih optimal untuk si kecil.

3. Membiasakan sarapan

Sarapan penting loh, buat tumbuh-kembangnya! Dalam PGS, sarapan bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi saat belajar, mencegah si kecil jajan sembarangan dan mencukupi asupan energi, vitamin dan mineral untuk menjalani hari.

4. Berikan sayur dan buah sebagai camilan

Camilan tentu ngga bisa dilepaskan dari kebiasaan makan si kecil. Biasanya camilan si kecil identik dengan makanan tinggi gula, lemak, garam, atau makanan kemasan yang cenderung mengandung bahan pengawet.

Hal ini harus mulai kamu kurangi ya, karena hal ini bisa memicu risiko obesitas dan penyakit ngga menular lainnya. Salah satu caranya, kamu bisa mengganti camilannya dengan sayur atau buah-buahan dalam bentuk jus atau selai yang ditambahkan pada biskuit dan rotinya.

Nah, itu dia 4 hal mudah yang bisa Teman Sehat terapkan untuk si kecil. Yuk, mulai terapkan hal ini, agar pola makan yang sehat pada si kecil, bisa tercipta sejak dini!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *