Yuk, Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Mengonsumsi ini!

Penyebaran COVID-19 telah membuat banyak orang khawatir, termasuk masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan belum ada vaksin yang bisa menangkal virus ini. Tapi, kamu ngga perlu cemas berlebihan, karena virus ini bisa ditangkal dengan menjaga kekebalan tubuhmu. Salah satun caranya dengan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Mau tahu apa aja makanannya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Sistem Imun

Sebelum membahas makanan yang bisa meningkatkan sistem imun, kamu perlu tahu mengapa sistem imun perlu dijaga dan ditingkatkan. Yuk, simak!

   

Seperti yang kamu tahu, sitem imun berfungsi sebagai penjaga tubuh sata melawan infeksi penyakit, menghilangkan kerja racun, dan fungsi pertahanan tubuh lainnya. Jika sistem ini melemah, makan kemampuannya untuk melindungi tubuh juga berkurang, sehingga bakteri dan virus jahat penyebab penyakit akan mudah masuk dan berkembang di dalam tubuh.

Nah, setelah tahu alasannya, yuk simak makanan apa saja yang bisa meningkatkan imunitas tubuh!

1. Sumber protein dari laut

Tahukah kamu, sumber protein dari laut seperti tiram, udang, kepiting, bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, loh! Sumber protein ini, juga membantu mencegah kerusakan sel. karena kandungan selenium di dalamnya. Selenium merupakan bagian dari zat gizi mikro, yang dibutuhkan tubuh untuk mengubah zat yang bersifat toksik menjadi ngga toksik bagi tubuh.

2. Jambu biji

Salah satu makanan yang mengandung vitamin C yaitu jambu biji. Buah ini diketahui mengandung banyak vitamin C yang memiliki fungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen untuk menjaga kesehatan kulit. Kulit yang utuh dan sehat, juga bisa mencegah masuknya patogen ke dalam tubuh, loh!

3. Kacang-kacangan

Banyak yang belum tahu, jika bahan pangan jenis kacang-kacangan, banyak mengandung Vitamin E, loh! Vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mempertahankan keutuhan sel tubuh. Vitamin ini bekerja dengan cara memutuskan reaksi kimia pada tubuh yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel.

4. Daging merah

Tahukah kamu, mengonsumsi daging merah dengan porsi yang tepat bisa membantu tubuh untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Daging merah mengandung zat gizi mikro Fe (besi) yang berperan dalam pembentukan hemoglobin pada darah yang berhubungan erat dengan masalah anemia. Kekurangan zat gizi ini, bisa menurunkan kemampuan sel pada tubuh untuk membutuh bakteri yang bisa menimbulkan penyakit (patogen).

Selain beberapa bahan pangan yang disebutkan di atas, ada banyak sekali makanan yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh kamu. Jadi, jangan hanya mengandalan beberapa bahan pangan itu saja ya, Teman Sehat! Tetap konsumsi makanan sesuai dengan anjuran isi piringku dan tetap menjaga pola hidup bersih. Sistem imun bukanlah hal yang bisa dianggap sebelah mata, so sayangi tubuh kamu, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *