3 Alasan Mengapa Kamu harus Berjalan Kaki!

Halo, Teman Sehat! Kemarin baru saja diperingati sebagai Hari Pahlawan. Bicara tentang pahlawan, taukah kamu kalau dengan berjalan kaki atau olahraga lari, bisa menjadikan dirimu sebagai pahlawan? Yap, kira-kira apa ya alasannya? Let’s check it out!

Jadi pahlawan untuk diri sendiri

Kenapa ya, olahraga bisa merubah kamu menjadi pahlawan? Yap, zaman sekarang udah ngga ada lagi berperang melawan penjajah seperti dulu, tapi berperang melawan kuman jahat dan pola hidup kurang baik yang bisa mengganggu kesehatan kamu.

FYI, menurut  penelitian yang dilakukan Chrisly, berjalan kaki atau berlari bisa membantu proses pembakaran energi sehingga akan memengaruhi dan meningkatkan kebugaran kardiorespiratori (jantung dan pembuluh darah) dan paru-paru.

Selain itu, ada 3 manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan berjalan kaki dan berlari. Yuk, simak!

1. Menurunkan berat badan

Menurut penelitian yang dilakukan di Sekolah Kedokteran Massachusetts, berjalan kaki atau berlari bisa mengurangi berat badan, loh! Berjalan atau berlari selama 4 kali dalam satu minggu, dengan rentang waktu selama 45 menit bisa mengurangi komposisi tubuh mu tanpa harus melakukan diet yang berlebihan. Selain itu, juga bisa meningkatkan persediaan kalsium agar tulangmu semakin kuat.

2. Menyehatkan Jantung

Berjalan kaki atau berlari, bisa membuat jatung kamu sehat, loh! Kenapa? Karena berjalan kaki atau berlari, akan membantu jantung kamu memopa lebih cepat, sehingga menambah peredaran darah yang bisa meningkatkan masuknya sel darah merah ke otot-otot jantung. Jika sel darah merah bertambah, maka akan memengaruhi peningkatan kapasitas pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh.

3. Membangun sistem kekebalan tubuh

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari berjalan kaki atau berlari adalah membangun sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. David Nieman di Carolina Utara, berjalan kaki atau berlari selama 45 menit dalam sehari bisa membangun sistem kekebalan tubuh dan akan menghindarkan kamu dari penyakit seperti deman dan flu.

Nah ternyata selain menyehatkan fungsi organ tubuh, banyak sekali kan manfaat yang bisa kamu ambil dari olahraga sederhana seperti olahraga jalan kaki dan lari, untuk itu yuk lebih sering melakukan aktivitas tersebut agar kesehatan fungsi organ tubuhmu terjaga dan kekebalan tubuhmu menjadi kuat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *