Yuk, Empukkan daging dengan Nanas dan Pepaya!

Teman Sehat! Apakah kamu penggemar daging? Saat mengempukkan daging metode apa yang biasa kamu lakukan? Memukul daging dengan tangan atau alat khusus untuk mengempukkan daging nya. Tahukah kamu selain dengan cara tersebut, ternyata menggunakan buah nanas dan daun pepaya, bisa melunakkannya, loh! Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Nanas

Buah nanas banyak mengandung zat gizi makro dan mikro seperti, vitamin A, kalsium (Ca), fosfor (P), magnesium (Mg), zat besi (Fe), dan sebagainya. Buah ini bisa dikonsumsi langsung, selai, maupun dibuat jus. Selain itu, ternyata nanas bisa mengempukkan daging, loh!

Yap, adanya kandungan enzim bromelin di dalam nanas, yang menyebabkan daging mudah empuk. Enzim bromelin termasuk golongan enzim protease ekstraseluler atau enzim yang memiliki kemampuan dalam mengurai protein daging menjadi lebih sederhana, sehingga daging menjadi empuk.

Kamu bisa melumuri daging mentah dengan jus buah nanas selama kurang lebih 30 menit, kemudian dibilas dengan air untuk mendapatkan daging yang empuk. Selain itu, seiring berkembangnya ilmu teknologi pangan, enzim ini bisa diekstrak dan dikeringkan menjadi bentuk bubuk instan yang sudah banyak dijual di pasaran.

Pepaya

Ternyata pada pohon pepaya, khususnya bagian daun dan batangnya berperan loh, dalam mengempukkan daging. Yap, hal ini dikarenakan adanya kandungan enzim papain pada daun dan batang pohon pepaya.

Sama dengan enzim bromelin, enzim papain juga merupakan jenis enzim protease yang berfungsi mengurai protein daging menjadi sederhana, sehingga daging menjadi empuk. Kamu bisa menggunakan daun dan batang pohon pepaya yang telah dipotong lebih kecil di sekitar daging selama kurang lebih 30 menit, kemudian dibilas dengan air.

Nah, berdasarkan informasi di atas, Teman Sehat bisa mencoba menggunakan buah nanas serta daun dan batang pepaya untuk mengempukkan daging di rumah. Semoga bermanfaat ya! Jangan lupa share artikel ini ke kerabat terdekat, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *