4 Bagian Otak yang perlu Kamu Tahu!

Teman Sehat, pernahkah kamu membayangkan betapa luar biasanya benda kecil yang ada di dalam kepalamu? Yap! Otak atau ensefalon merupakan salah satu benda super dahsyat yang diberikan Tuhan kepada manusia. Ibarat prosesor dalam komputer, otak berperan sebagai pusat kendali berbagai aktivitas mu. Lalu, bagaian otak apa saja yang membantu cara kerjanya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

1. Serebrum

Serebrum merupakan bagian terbesar pada otak. Fungsi bagian ini yaitu melakukan kontrol pada setiap gerakan dan memproses informasi sensorik. Dalam hal ini, serebrum bertanggung jawab terhadap pada kecerdasan, daya ingat, kemampuan berbicara, dan pendengaran. Selain itu, bagian ini juga menjadi tempat dihasilkannya perasaan dan tindakan sadar maupun ngga sadar.

2. Serebelum

Serebelum terletak di bagian belakang otak. Serebelum merupakan bagian terbesar kedua pada otak manusia. Bagian ini berfungsi melakukan kontrol keseimbangan, postur, gerakan halus, dan koordinasi terhadap berbagai fungsi motorik seperti berjalan dan berdiri.

3. Diensefalon

Diensefalon (interbrain) terletak di antara serebrum dan batang otak. Diensefalon terdiri dari talamus, hipotalamus, dan epitalamus. Talamus berfungsi membantu memproses informasi dari indra dan mengirimkannya ke bagian otak lain. Hipotalamus berfungsi mengontrol rasa lapar, haus, dan suhu tubuh. Sementara itu, epitalamus berfungsi mengatur jalur motorik dan emosi.

4. Batang otak

Batang otak merupakan bagian otak yang menghubungkan otak dengan saraf tulang belakang (spinal cord) atau medula spinalis. Dalam hal ini, otak dan sumsum tulang belakang membentuk sistem saraf pusat, dengan saraf tulang belakang yang membawa pesan antara otak dan bagian tubuh lainnya.

Cara kerja otak

Otak memiliki miliaran sel saraf yang saling berkoordinasi untuk menghasilkan sensasi, emosi, pikiran, gerakan, hingga perilaku. Dalam hal ini, otak akan memproses berbagai informasi yang diterima dari indra atau organ tubuh. Selanjutnya informasi ini akan dikirimkan kembali ke tubuh dalam waktu yang sangat singkat.

Contohnya, kamu tentu tidak membutuhkan waktu lama untuk menarik kembali tanganmu yang tidak sengaja terkena wajan panas, bukan? Inilah salah satu hasil dari kerja otak. Nah, semua kerja itu ngga bisa dilakukan tanpa adanya empat bagian utama, pada organ ini.

Teman Sehat, sekarang sudah tahu kan cara kerja organ yang luar biasa ini? Seperti bagian tubuh lainnya, otak juga perlu dijaga dengan makanan dan aktivitas fisik yang baik. Selain itu, lakukan latihan khusus untuk menjaga kesehatan dan performanya. So, jangan lupa untuk selalu bersyukur dan menjaga pikiran tetap positif, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *