Kembali #dirumahaja, Yoga Menjadi Olahraga Pilihan

Hai, Teman Sehat! Apakah kamu tetap berolahraga di saat pandemi? Untuk mematuhi aturan PSBB kembali, kamu bisa berolahraga di rumah dan menjauhi kerumunan. Salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan dengan mudah tanpa harus keluar rumah adalah yoga. Olahraga ini cukup sederhana tapi bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Yuk, simak informasinya!

Lakukan sendiri di rumah, why not?

Photo Of Woman Standing With One Leg

Biasanya yoga dilakukan di studio lengkap dengan instruktur melalui tatap muka langsung, namun kali ini kamu bisa melakukannya di rumah via online. Yoga memiliki beragam jenis gerakan atau pose, mulai dari gerakan kompleks yang harus didampingi ahli sampai gerakan sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Lakukan dengan gerakan sederhana

Gerakan sederhana memudahkan kamu yang baru memulai mencoba olahraga ini. Tak perlu berlebihan memaksakan, cukup nikmati setiap gerakannya.

Yoga, Kaki, Gadis, Olahraga

  1. Easy pose, salah satu gerakan paling sederhana yang bisa kamu praktikkan di rumah. Cukup duduk bersila dengan meletakkan kedua tangan di atas lutut dengan rileks. Posisikan punggung tegak, mata tertutup, dan mengatur napas. Gerakan ini meningkatkan kelenturan punggung dan meredakan stres.
  2. Seated Forward Bend pose, duduk dengan meluruskan kedua kaki ke depan. Sambil menarik napas, kedua tangan diluruskan hingga menyentuh jari kaki. Rileks dan lenturkan kepala, ikuti gerakan tangan sampai bisa mencium lutut.
  3. Leg Up The Wall pose, gerakan untuk kelola stres. Angkat kedua kaki tegak lurus dengan lantai dan menempel tembok. Pundak dan punggung dijadikan tumpuan badan, pertahankan posisi selama 10 menit. Gerakan ini melancarkan sirkulasi darah ke tubuh bagian atas.
  4. Tree pose, gerakan meniru pohon. Kamu cukup berdiri tegak dengan mengangkat kedua tangan seperti bentuk pohon cemara. Angkat salah satu kaki dan tempelkan telapak kaki itu pada samping lutut kaki yang lain. Lakukan bergantian dengan kaki yang lain masing-masing selama 30 detik. Gerakan ini sangat baik dalam melatih keseimbangan.
  5. Seated Twist pose, gerakan yang bisa mencegah nyeri punggung. Duduk tegak bersila dengan tangan kanan diletakkan pada paha kiri dan putar sedikit tubuh menyesuaikan arah tangan. Gerakan ini dilakukan bergantian dengan masing-masing selama 10 detik. Jangan lupa saat melakukan gerakan kamu sambil tahan napas dan keluarkan pelan-pelan ya.

Manfaatnya

Rutinitas gerakan yoga membantu kamu terbiasa melakukan aktivitas fisik lainnya. Berdasarkan penelitian dalam American Journal of Hypertension, berlatih secara teratur dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Berlatih yoga  selama 8 minggu terbukti menurunkan tekanan darah sistol (angka atas penunjuk tekanan darah saat jantung berdetak) dibandingkan dengan penderita hipertensi yang hanya berobat tanpa melakukan yoga.

Monitor Tekanan Darah, Kesehatan, Denyut Jantung

Dengan melakukan yoga secara rutin, fleksibilitas, keseimbangan, dan kebugaran tubuh dapat meningkat. Selain itu, yoga juga dikenal bisa membuat nyaman sehingga terhindar dari stres dan depresi. Menurut WHO, yoga juga dapat menyegarkan tubuh dan pikiran seseorang, loh!

Nah, #dirumahaja bukan jadi alasan kamu malas berolahraga ya Teman Sehat! Sebelum melakukan gerakan-gerakan yoga, sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu supaya mengurangi risiko kram dan cedera. Konsultasikan dengan ahli jika kamu ingin mendapat manfaat sesuai kebutuhan. Keep spirit and stay healthy! Jangan lupa bagikan informasi ini ke orang-orang sekitar kamu!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *